oleh

Peringati HGN 2019, PGRI, YRBK, Wartawan Kota Banjar Berkolaborasi Lakukan Ini

 
 

Berita Banjar, galuh.id – Dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2019 Kota Banjar menggelar lomba menulis esai literasi sekolah yang bekerjasama dengan Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK).

Pendiri YRBK, Sofian Munawar mengemukakan dengan adanya lomba esai yang diikuti oleh guru dan siswa, bisa lebih mengaktualisasikan kembali gerakan literasi sekolah (GLS) di Banjar. 

“Kita berharap, ruang aktualisasi gerakan literasi sekolah (GLS) dapat terwujudkan dan hasil lomba esai ini dapat didokumentasikan melalui buku,” ujarnya, Jumat (22/11/2019).

Sebanyak 50 peserta sudah mengirimkan tulisan esai yang terbagi dua kategori yakni siswa dan guru. Tulisan esai tersebut, nantinya akan dinilai berdasarkan indikator penilaian yang telah ditentutakan oleh panitia dan tim juri yang terdiri dari pegiat literasi, guru dan wartawan.

Menurut salah satu juri dari unsur wartawan, Syarif Hidayat mengaku dirinya sangat mengapresiasi kepada peserta yang telah mengirimkan tulisan esainya. Bagi dia, ini merupakan angin segar bagi Kota Banjar menuju masyarakat literat di masa yang akan datang. 

“Pertama saya cukup pesimis, apabila akan ada peserta yang hendak mengikuti lomba menulis esai bagi kalangan guru dan pelajar. Namun, setelah saya didaulat menjadi tim juri lomba ini dan memegang tulisan esai yang akan saya nilai, rasa optimisme itu muncul di tengah bangsa kita rendah dalam berliterasi,” kata dia

Lebih lanjut Syarif mengatakan, dengan adanya sinergitas antara PGRI dan YRBK dia memprediksi giat literasi di Banjar akan semakin terarah dengan tujuan yang sama. Karena menurut dia, gerakan literasi ini bukan hanya membebankan kepada para pecinta literasi melainkan harus berbasis kolaboratif antar leading sektor. 

“Tinggal dari unsur swasta yang bisa bersama untuk berkolaborasi menggerakan dan membumikan literasi agar terciptanya hegimoni ekosistem literasi di Banjar Patroman,” imbuh dia. 

Ketua PGRI Kota Banjar, Dedi Rusmayadi mendukung penuh program lomba esai yang diikuti oleh guru dan siswa. Bagi dia, lomba menulis tersebut merupakan bagian dari implementasi pelaksanaan program pemerintah yakni Gerakan Literasi Nasional (GLN).

“Kita mendorong penuh pelaksanaan program GLN ini. Dan berharap dengan adanya lomba ini akan mendukung serta memacu semarak gerakan literasi di sekolah,” pungkasnya. (GaluhID/Dede)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA