Minggu, 25 September 2022
Minggu, 25 September 2022
More

    Persaudaraan Pemuda Islam Ciamis Deklarasi Damai

    Berita Ciamis, galuh.id – Persaudaraan Pemuda Islam Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat (Jabar) melakukan deklarasi damai.

    Deklarasi itu berlangsung pada kegiatan Jambore Persaudaraan Pemuda Islam, di Wisata Alam Batu Cakra Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng, Jumat (26/8/2022).

    Iklan

    Kegiatan deklarasi yang diikuti oleh para ketua atau perwakilan organisasi pemuda Islam itu berisi tentang persatuan dan dukungan kemajuan Ciamis.

    Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ciamis, Tohirin, S.Pd.I, membenarkan adanya deklarasi tersebut.

    “Iya telah berlangsung deklarasi damai seluruh organisasi pemuda Islam yang ada di Kabupaten Ciamis,” ungkap Tohirin.

    Tohirin juga menyebutkan, deklarasi tersebut di luar agenda atau rangkaian acara Jambore Persaudaraan Pemuda Islam Kabupaten Ciamis.

    Iklan

    Menurut Tohirin, deklarasi tersebut spontan karena adanya persamaan persepsi serta tujuan yang nyata antara organisasi pemuda Islam di Ciamis.

    “Deklarasi ini bukan merupakan rangkaian acara pada kegiatan jambore, ini murni spontanitas dari organisasi-organisasi Islam di Kabupaten Ciamis,” jelas Tohirin.

    Persaudaraan Pemuda Islam Lebih Mengutamakan Persatuan Daripada Perpecahan

    Spontanitas deklarasi terjadi saat berlangsungnya acara sarasehan dan yang menjadi pembicara ketua atau perwakilan dari 13 organisasi pemuda Islam Ciamis.

    Para ketua atau perwakilan tersebut menyampaikan hal terkait dengan jambore tersebut, dan dari seluruhnya terdapat kesamaan.

    Tohirin selaku moderator pun menyepakati untuk melakukan deklarasi damai, tapi terlebih dahulu meminta ijin kepada panitia penyelenggara.

    Hal senada pun disampaikan oleh Ketua Pemuda Persatuan Islam (Persis), Hilman yang membenarkan deklarasi itu hasil kesepakatan.

    “Benar ini kesepakatan bersama, ternyata meski ada perbedaan kita tetap memiliki kesamaan tujuan, maka dari itu diadakan deklarasi ini,” jelasnya.

    Hilman juga berharap dengan adanya deklarasi tersebut dapat mencegah perpecahan khususnya antara organisasi pemuda Islam di Kabupaten Ciamis.

    “Kita sepakat dalam deklarasi lebih mengutamakan persatuan daripada perpecahan, dan sepakat untuk turut serta memajukan Kabupaten Ciamis,” jelas Hilman.

    Namun, karena spontan, deklarasi yang disaksikan oleh peserta jamboree nantinya akan terdapat penandatangan kesepakatan bersama secara resmi.

    “Deklarasi Persaudaraan Pemuda Islam ini bukan hanya seremonial saja, tapi nanti kita juga akan menandatangani kesepakatan bersama disaksikan oleh unsur Forkopimda Ciamis,” pungkasnya.(GaluhId/Ardiansyah)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    377PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan