Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Pertunjukan Rakyat Desa Nagarajaya, Panawangan, Hiburan Rakyat yang Merakyat

Galuh ID- Kementrian Komunikasi dan Informasi melalui Kominfo Kabupaten Ciamis menyelenggarakan acara Pertunjukan Rakyat di Lapangan Sepakbola Cibolang, Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Ciamis pada Sabtu (01/09/2018). Acara yang dimulai pukul 19.30 WIB ini bertajuk “Dengan Seni Budaya Kita Bangkitkan Rasa Nasionalisme untuk Keutuhan NKRI”.

Pertunjukkan Rakyat ini menampilkan penampilan dari Sanggar Laras Kabuyutan, Panawangan, Ciamis pimpinan Uyat Sudrajat. Puncak acara diisi dengan pertunjukan Wayang Golek Modern yang menampilkan lakon ‘Gedong Sadasa’ dipimpin oleh Trio Dalang yang terdiri dari Eman Dede Amung Sutarya, Sena Wawan Dede Amung Sutarya dan Asep Aceng Amung Sutarya. Selain itu ada pula penampilan Calung Bodoran yang berhasil menghibur penonton dengan gaya komedi sunda yang khas.

Fery Ginanjar, ketua panitia Pertunjukan Rakyat ini mengatakan jika sangat jarang acara kebudayaan yang diselenggarakan di desanya, maka dengan adanya Pertunjukan Rakyat ini, ia bersyukur dan berterima kasih pada Diskominfo Kabupaten Ciamis yang telah menyelenggarakan acara Pertunjukan Rakyat di desa Nagarajaya ini.

Hal senada diungkapkan oleh Uyat Sudrajat, pimpinan Sanggar Laras Kabuyutan, beliau mengapresiasi adanya Pertunjukan Rakyat di desa Nagarajaya bisa ini.

“Bagus sekali, apalagi memang jarang pertunjukan dengan biaya besar dan panggung megah di desa-desa seperti ini, tapi ini benar-benar hiburan rakyat yang memang merakyat,” terangnya.

Hal positif dari Pertunjukan rakyat ini menurut Uyat Sudrajat adalah memotivasi para pemuda Karang Taruna desa Negarajaya untuk bekerja bersama-sama dalam persatuan dan kesatuan. Selain itu masyarakat juga bisa menilai perkembangan seni rakyat.

“Ternyata pertunjukan seperti ini banyak yang menggemari, hanya saja karena memerlukan biaya yang besar jadi jarang ada masyarakat yang menyelenggarakan pertunjukan seperti ini,” ungkapnya.

Warga memang antusias dengan adanya Pertunjukan Rakyat ini, seperti yang dikemukakan Sukri (55) yang senang karena di desanya bisa diselenggarakan Pertunjukan Rakyat yang cukup megah.

“Sangat jarang di desa kami pertunjukan kesenian seperti ini, karena itu saya sampaikan terima kasih pada Diskominfo dan pak Uyat Sudrajat sebagai pimpinan Sanggar Laras Kabuyutan,” pungkasnya.

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.