Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

Pilkades Ciamis Ditetapkan Desember 2020, Ini Respon Wakil Ketua DPRD

Berita Ciamis, galuh.id – Setelah sebelumnya sempat tertunda, Kemendagri akhirnya mengizinkan kabupaten Ciamis menggelar Pilkades. Rencananya, Pilkades di Ciamis akan digelar pada tanggal 19 Desember 2020.

Penetapan pelaksanaan pemilihan kepala desa atau Pilkades Serentak di Ciamis itu pun mendapatkan respon positif dari Wakil Ketua DPRD Ciamis Koordinator Komisi A, Sopwan Ismail.

Sopwan bersyukur Pilkades Ciamis akhirnya dapat terselenggara, menyelesaikan agenda besar yang sebelumnya sempat tertunda 2 kali karena adanya pandemi Covid-19.

”Saya bersyukur atas penetapan waktu pelaksanaan Pilkades Ciamis. Menyelesaikan agenda besar yang 2 kali tertunda,” kata Sopwan, Senin (16/11/2020).

Ia pun mengucapkan selamat berkompetisi kepada semua calon dan tim sukses yang akan mengikuti perhelahatan pesta demokrasi pemilihan kepala desa di Ciamis.

Meskipun tahapan terakhir tinggal pencoblosan, kata Sopwan, harus ada updating data pemilih. Untuk itu, ia berharap panitia Pilkades dapat melaksanakan sisa tahapan dengan sebaik-baiknya.

Sopwan pun mengajak kepada para pemilih untuk menggunakan hak pilih sebaik-baiknya dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memilih calon yang terbaik.

Pada pelaksanaan Pilkades Serentak di Ciamis nanti, Sopwan pun mengingatkan agar mempedomani protokol kesehatan dalam kegiatan pemungutan suara.

”Paling utama jaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan terstandar,” ucap Wakil Ketua DPRD Ciamis ini.

Pilkades Ciamis Ditetapkan Desember 2020 dengan Prokes Ketat

Pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu sebelumnya sempat ditunda berdasarkan arahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berdasarkan hasil rapat virtual Mendagri pada Kamis (12/11/2020). Ciamis bisa menggelar Pilkades pada tahun 2020. Untuk Kabupaten Ciamis sendiri pelaksanaannya 19 Desember 2020.

Dari 416 Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkades, Kabupaten Ciamis termasuk dalam 19 Kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkades di tahun 2020, sisanya pada tahun 2021.

Sesuai arahan Mendagri, dalam rangka meningkatkan pengawasan pelaksanaan Pilkades harus membentuk Komite Pengawas Kabupaten dan Komite Pengawas Kecamatan.

Untuk Komite pengawas Kabupaten, Bupati Ciamis bersama unsur Forkopimda yang memimpin. Sedangkan untuk Komite tingkat Kecamatan oleh Camat, Kapolsek serta Danramil.

Pelaksanaan Pilkades Ciamis akan menerapkan protokol kesehatan ketat. Mulai dari pengecekan suhu tubuh. Kemudian penggunaan masker, tidak melakukan jabat tangan dan kontak fisik.

Penyediaan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, semua hak pilih harus membawa alat tulis masing-masing.

Selanjutnya, penyemprotan desinfektan di tempat penyelenggaraan pemungutan suara sebelum dan sesudah pelaksanaan. Menyusun tempat duduk dengan jaga jarak, penyediaan alat kesehatan.

Lalu, menyiapkan personal dari gugus tugas Kabupaten/Kecamatan yang memiliki kemampuan kesehatan.

Untuk tahapan pelaksanaan Pilkades Ciamis mulai 1 Desember 2020, dengan pencatatan dan perbaikan serta penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPT). (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan