Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Pilkades Serentak di Ciamis, Bupati Herdiat Titip Pesan

Berita Ciamis, galuh.id – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ciamis akan dilaksanakan pada 12 April 2020, Bupati Herdiat titip pesan.

Pesan tersebut untuk kepala desa agar menjaga kondusifitas dan keamanan dalam pelaksanaan pilkades. Sehingga pelaksanaan pilkades berjalan tertib dan lancar.

“Pilkada Bupati saja aman dan kondusif masa Pilkades tidak kondusif, insyallah kami yakin Pilkades serentak nanti berjalan lancar,” ujar Herdiat Sunarya, Rabu (5/2/2020).

Pilkades serentak tahun 2020 di Kabupaten Ciamis akan diikuti 143 desa yang saat ini sedang dalam tahap persiapan dan penjaringan calon kepala desa.

Sebelumnya, Kepala Seksi Aparatur pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis, Sutiaman, mengajak masyarakat untuk ikut berpartipasi dalam Pilkades serentak.

“Pilkades kan pesta demokrasi buat masyarakat untuk memilih pemimpin yang berkualitas, tujuannya agar tidak salah pilih demi nasib masa depan desanya masing-masing,” tuturnya.

Sutiaman menjelaskan apabila dalam satu desa ada yang mencalonkan lebih dari 5 calon maka akan dilakukan seleksi.

Seleksi akan dilakukan bekerjasama dengan akademisi. Karena itu, Pemkab Ciamis sudah melakukan MOU dengan Kampus Universitas Galuh Ciamis.

“Nanti akan dilakukan seleksi jika calonnya lebih dari 5. Nah, yang menyeleksinya akademisi dari Unigal, namun kalau pas 5 calon itu akan langsung ditetapkan calon oleh panitia,” ucapnya.

Sutiaman juga mengimbau kepada calon kepala desa yang akan mengikuti Pilkades dilarang menggunakan money politik (Politik Uang) dalam proses kampanye.

“Kami mengimbau kepada seluruh calon kades yang akan mengikuti Pilkades, dalam melakukan kampanyenya jangan money politik,” tegasnya.

Sutiaman menuturkan money politik akan merusak demokrasi yang saat ini sedang dibangun. Sesuai dengan arahan Bupati Herdiat Titip Pesan.

“Biarkan masyarakat bebas memilih calon pemimpinnya sesuai pilihannya. Pasti masyarakat pun tahu mana yang baik dan mana yang benar calon pemimpinnya,” katanya. (GaluhID/Arul)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Ditunda, Apdesi: Banyak Calon Kades Jatuh Sakit

Berita Ciamis, galuh.id -.Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis akhirnya pasrah pada putusan penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak....

Jelang HUT RI, Puluhan Anak di Ciamis Ikuti Gerakan Cuci Bendera

Berita Ciamis, galuh.id - Menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) RI ke 75, puluhan anak di Ciamis mengikuti tradisi gerakan cuci bendera...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Temukan Kami

49,109FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Sinopsis Film Annabelle, Boneka Pembawa Malapetaka

Sinopsis film Annabelle terinspirasi dari boneka nyata yang diyakini berhantu. Film Annabelle merupakan bagian dari waralaba film The Conjuring, yang sama-sama menampilkan...

Harga Redmi 9A Hanya 1 Jutaan, Spesifikasi Unggul

Harga Redmi 9A menjadi salah satu pertanyaan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki HP terbaru dari Xiaomi ini. HP Xiaomi Redmi 9A...

Pilkades Ciamis Ditunda, Apdesi: Banyak Calon Kades Jatuh Sakit

Berita Ciamis, galuh.id -.Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis akhirnya pasrah pada putusan penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak....

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro, HP Xiaomi Murah untuk Gaming Lancar

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro dengan berbagai fitur khusus yang bisa membuat pengalaman gaming anda begitu mengesankan. Ya, smartphone...

Spesifikasi Redmi 9A, HP Terbaru Xiaomi Harga di Bawah 2 Juta

Spesifikasi Redmi 9A menarik untuk diulas. HP terbaru dari Xiaomi ini dirilis 13 Agustus 2020 dengan banderol harga kurang dari Rp 2...