Jumat, 28 Januari 2022
Jumat, 28 Januari 2022
More

    Poktan di Ciamis Dapat Bantuan Mesin Perontok Padi dari Anggota DPR RI

    Berita Ciamis, galuh.id – Anggota DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa menyerahkan bantuan mesin perontok padi kepada kelompok tani (poktan) di Kertasari Ciamis, Rabu (22/12/2021).

    Mesin perontok padi tersebut merupakan hasil karya pemuda Lakbok. Karya itu yang menjadi juara 1 tingkat provinsi, pada pemuda pelopor Jabar, bidang inovasi dan teknologi.

    Agun memesan 20 unit mesin perontok padi dari anak muda Lakbok Kabupaten Ciamis, yang meraih juara 3 tingkat nasional dalam bidang inovasi dan teknologi.

    Awalnya, kata Agun, pihaknya tertarik pada inovasi dan karya anak muda Lakbok tersebut, yaitu menciptakan mesin perontok padi minimalis.

    Setelah itu, Agun lalu mendorong dan memotivasi anak muda itu agar dapat mengikuti perlombaan. Dan akhirnya pemuda tersebut keluar sebagai juara.

    Menurut Agun, Indonesia akan maju ekonominya kalau warganya menggunakan produk sendiri.

    “Yaitu dengan menggunakan mesin perontok padi. Hasil karya pemuda Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

    Agun menjelaskan, dari 20 unit mesin perontok padi minimalis ini, 3 unit diberikan kepada kelompok tani (poktan) di Ratawangi, Cibadak dan Lakbok.

    Untuk hari ini, pihaknya juga memberikan mesin perontok padi ke poktan Rajadesa, Cipaku dan Kertasari.

    “Selanjutnya kita akan lihat. Poktan mana yang mungkin bisa kita bantu dan dukung. Saya juga minta kepada poktan agar bisa memanfaatkannya dengan baik,” jelasnya.

    Selain itu ia menuturkan, bila nanti ada keluhan terkait mesin perontok padi ini, dapat langsung menghubungi pembuatnya agar bisa diperbaiki.

    Agun juga mengajak kepada masyarakat agar bisa menggunakan produk sendiri. “Kita sudah jenuh dengan produk luar (asing),” ujarnya.

    “Mudah-mudahan mesin perontok padi ini bisa bermanfaat untuk kita semua,” pungkas politisi Partai Golkar ini. (GaluhID/Evi)

    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    323PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan