Rabu, 17 Agustus 2022
Rabu, 17 Agustus 2022
More

    Program Desa Wisata di Ciamis Bantu Ekonomi Cepat Tumbuh

    Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis terus mendorong pengembangan desa wisata untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

    Kepala Dinas Parawisata Ciamis, Wasdi Ijudin, mengatakan hampir setiap perdesaan di wilayah Ciamis memliki potensi-potensi alam yang begitu indah.

    Iklan

    Menurutnya, desa harus bisa berkreatif untuk mengembangkan potensi desanya masing-masing, agar menumbuhkan ekonomi bagi masyarakat setempat.

    ”Potensi-potensi yang ada silahkan kembangkan oleh desa dengan program desa wisata, untuk pengembangannya boleh menggunakan dana desa,” katanya, Rabu (13/1/2021).

    Di Kabupaten Ciamis saat ini, lanjut Wasdi, ada 23 desa wisata yang telah memiliki SK dari Bupati dengan payang hukum yang jelas.

    Dinas Pariwisata Ciamis pun menyambut baik program tersebut yang sudah melangkah. Sebab, program itu merupakan terobosan agar ekonomi desa lebih cepat tumbuh.

    Iklan

    Wasdi juga berharap desa wisata yang sudah ada levelnya naik, bukan hanya embrio atau hanya rintisan. Tapi juga dapat berkembang, bahkan bisa lebih maju.

    Kemudian, harapannya pengelola wisata pun semakin menata kelengkapan dan kenyamanan. Bukan harus membangun hotel, tapi mengembangkan homestay.

    Selanjutnya kebersihan, karena yang paling penting dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini adalah bagaimana agar tetap konsisten menjaga protokol kesehatan.

    Sehingga orang-orang yang datang ke destinasi wisata pun tidak akan merasa khawatir bila pengelolanya memiliki konsisten ketat terhadap protokol kesehatan.

    ”Karena jika pengelola longgar, pengunjung malah khawatir untuk datang ke destinasi wisata,” kata Wasdi.

    Pemprov Jabar pun saat ini tengah intens mengembangkan destinasi wisata desa. Hal itu untuk membuka lapangan kerja sekaligus pemberdayaan masyarakat desa.

    Menurut Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, dengan menggali potensi wisata desa, ketimpangan ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan dapat ditekan. (GaluhID/Evi)

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    379PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan