Selasa, 24 November 2020
Selasa, 24 November 2020
 
 

Rapat Paripurna DPRD, Rancangan KUA dan PPAS Ciamis Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Pendapatan dan Belanja Daerah serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Ciamis tahun 2021 diprioritaskan pada pemulihan ekonomi.

Hal itu disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Ciamis Sopwan Ismail, di Aula Gedung DPRD Ciamis, Selasa (13/10/2020).

”Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan PPAS ini berpedoman pada RKPD yang telah ditetapkan dengan Peraturan Bupati Ciamis Nomor 49 Tahun 2020,” kata Herdiat.

Maka dari itu, diusung tema Peningkatan Upaya Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Sistem Kesehatan Masyarakat untuk Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi serta Masyarakat yang Sehat dan Sejahtera.

Tema tersebut memiliki makna bahwa pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2021 diarahkan untuk peningkatan upaya pemulihan ekonomi dan penguatan sistem kesehatan masyarakat.

”Dengan menguatkan modal sosial masyarakat. Dengan prinsip keadilan, pemerataan, berkelanjutan dan integratif,” jelasnya.

Rancangan KUA dan PPAS Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

Herdiat menjelaskan, untuk mencapai tujuan tersebut ada 9 prioritas pembangunan Kabupaten Ciamis di tahun 2021.

Yaitu peningkatan kualitas dan pelayanan pendidikan, peningkatan akses dan layanan kesehatan, pemulihan sektor pertanian, peningkatan pembangunan infrastruktur.

Kemudian peningkatan kemandirian desa, penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, peningkatan pengarusutamaan gender.

Terahir, peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik berbasis inovasi.

Selain itu, prioritas pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2021 juga diarahkan untuk pencapaian prioritas kepala daerah yang merupakan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati.

Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam RPJMD Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.

Prediksi Pendapatan Daerah Rp 2,3 Triliyun

Herdiat mengatakan prediksi pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp 2,3 Trilyun. Terdiri dari PAD sebesar Rp 253,175 milyar dan pendapatan transfer sebesar Rp 2,082 trilyun.

Prediksi pendapatan ini belum mengakomodir bantuan keuangan provinsi Jawa Barat.

”Karena masih menunggu proses pembahasan anggaran di tingkat provinsi,” ucap Herdiat.

Sementara itu, fraksi-fraksi DPRD menyampaikan persetujuanya dengan rancangan KUA dan PPAS yang dijelaskan Bupati Ciamis. Karena telah sejalan dengan kebijakan umum anggaran.

Dalam rapat paripurna tersebut, turut hadir Pj Sekda, Asisten Daerah dan unsur Forkopimda. Sementara seluruh kepala OPD mengikuti rapat melalui media virtual di kantornya masing-masing. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Sekolah Tatap Muka di Ciamis Boleh, Asal Kasus Covid-19 Melandai

Berita Ciamis, galuh.id - Mendikbud memperbolehkan kegiatan belajar mengajar (KBM) sekolah di awal tahun 2021, namun pemkab Ciamis masih mempertimbangkan pembukaan sekolah...

Pelanggan PDAM Tirta Galuh Tepat Bayar, Bupati Ciamis Beri Reward

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat sunarya memberikan hadiah sepeda gunung, lemari kulkas, dispenser serta hadiah lainnya bagi masarakat yang tepat...

Viral Bola Api Melayang di Langit Pamarican Ciamis, Suaranya Seperti Banjir Bandang

Berita Ciamis, galuh.id - Sebuah video yang menunjukkan bola api melayang di langit viral melalui aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial Facebook.

Temukan Kami

48,648FansSuka
213PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Jadwal pendaftaran Prakerja Gelombang 12: Tidak Jadi Bulan Desember, Mundur Hingga Tahun 2021

Jadwal pendaftaran Prakerja gelombang 12 belum pemerintah beritahukan kepada publik, namun menurut kabar terbaru, masyarakat bisa mengikuti program bantuan ini mulai tahun...

Persiapan Pendaftaran Prakerja Gelombang 12, Solusi Lolos Jadi Peserta

Persiapan pendaftaran Prakerja gelombang 12, simak solusi berikut agar lolos menjadi peserta program Kartu Prakerja dengan mudah. Setelah pemerintah...

Harga PS5 Melambung Tinggi, Gamer Keluhkan Harga yang Tidak Wajar

Harga PS5 semakin melonjak tinggi, banyak gamer mengeluhkan penjual yang mematok harga dua sampai tiga kali lipat. Hal ini tentunya sangat tidak...

Daniel Mananta Mundur dari Indonesian Idol, Kenapa?

Daniel Mananta mundur dari Indonesian Idol karena alasan tertentu demi perkembangan acara tersebut. Kabar Daniel Mananta mundur kini tengah menjadi perbincangan hangat.

Sekolah Tatap Muka di Ciamis Boleh, Asal Kasus Covid-19 Melandai

Berita Ciamis, galuh.id - Mendikbud memperbolehkan kegiatan belajar mengajar (KBM) sekolah di awal tahun 2021, namun pemkab Ciamis masih mempertimbangkan pembukaan sekolah...