Senin, 30 November 2020
Senin, 30 November 2020
 
 

Ratusan Personel Yonif 754 Ikuti Pelatihan Pasukan Raider

Hubungi Kami

Berita Jabar, galuh.id – Ratusan personel Batalyon Infanteri atau Yonif 754 mengikuti latihan pembentukan pasukan Raider. Para prajurit ini dilatih untuk menjadi pasukan Raider.

Hal itu dikatakan Wadan Pussenif Mayjen TNI, Achmad Daniel Chardin. Didampingi Dirum Pussenif Brigjen TNI Agus Y.R. Agustinus dan Dandim 0613 Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani.

Daniel menerangkan, pembentukan pasukan Yonif reguler menjadi Batalyon Raider merupakan program satuan atas. Untuk meningkatkan kemampuan para prajurit TNI-AD.

“Baru saat ini pembentukan Raider. Oleh pusat kesenjataan infanteri reguler oleh Pasukan Khusus TNI-AD,” katanya.

Mayjen TNI menjelaskan, dalam pelatihan tersebut para siswa prajurit akan mendapat pelatihan khusus berkualifikasi Raid.

Siswa pasukan ini dilatih bagaimana cara menghancurkan musuh dengan waktu yang cepat, senyap dan tepat.

Selain bisa menghancurkan target dengan sasaran musuh dalam waktu cepat. Para siswa prajurit juga harus menguasai berbagai medan pertempuran.

”Mereka juga dilatih bagaimana bisa menyusup ke daerah musuh melalui rawa, sungai dan laut,” jelas Daniel.

Kemampuan Pasukan Raider

Batalyon Raider adalah pasukan elite TNI di bawah Pasukan Komando. Secara umum, pasukan ini tak berbeda dengan prajurit Batalyon Infanteri.

Tetapi, kemampuan individu prajurit Raider lebih baik dari prajurit Infanteri. Bahkan hingga tiga kali lipat kemampuannya dari prajurit Infanteri.

Pasukan ini dibentuk untuk meningkatkan daya cegah TNI. Karena Batalyon Raider mampu beroperasi dalam unit kecil, rahasia dan mendadak.

Raider adalah kualifikasi prajurit TNI yang dilatih untuk menguasai 3 kemampuan, antara lain kemampuan sebagai pasukan anti teroris untuk pertempuran jarak dekat.

Lalu, kemampuan sebagai pasukan lawan gerilya dengan mobilitas tinggi. Terakhir, kemampuan untuk melakukan pertempuran-pertempuran berlanjut (panjang).

Setelah selesai menjalani tahapan pelatihan, ratusan personel Yonif 754 tersebut nantinya akan dilantik menjadi Batalyon atau Raider.

Daniel mengatakan, para siswa Rider akan menjalani pelatihan terakhir di Pantai Cilacap Jateng.

Dalam pelatihan tersebut, seluruh siswa Raider telah mengikuti serangkaian tes medis dan penerapan protokol kesehatan ketat dalam aplikasi teknis pelatihan.

“Protokol kesehatan diterapkan. Sehingga para siswa Raider dipastikan dalam satu komunitas yang tidak terkontaminasi virus,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Bangkitkan Kepercayaan Politik, 4 DPC BMI di Jabar Resmi Dilantik

Berita Jabar, galuh.id - Bintang Muda Indonesia atau BMI di Jabar dilantik. Yakni Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.

Hari Guru Nasional, Johan J Anwari Kenang Jasa Pendidik

Berita Jabar, galuh.id - Hari ini, tanggal 25 November 2020 seluruh guru di Indonesia secara serentak memperingati Hari Guru Nasional.

Bansos Jabar Tahap III Tuntas 100 Persen, 1,9 Juta KRTS Terima Bantuan

Berita Jabar, galuh.id - Pendistribusian bansos Jabar tahap III tuntas 100 persen. Dari sebanyak 1.900.688 KRTS atau Keluarga Rumah Tangga Sasaran penerima...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

KLHK Dorong Pemda Bangun Pengelolaan Limbah Medis, Ini Respon DPRKPLH Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI mendorong pemda membangun tempat pengelolaan limbah medis atau Bahan Berbahaya dan...

Cara Klaim Listrik Gratis Desember 2020 Sangat Mudah, Buruan Klaim!

Cara klaim listrik gratis Desember 2020 sekarang bisa masyarakat lakukan secara online lewat website PLN atau layanan WhatsApp. Hal...

Klaim Listrik Gratis Bulan Desember 2020 via www.pln.co.id atau WA 08122-123-123

Klaim listrik gratis bulan Desember 2020 sudah bisa masyarakat lakukan. Apalagi pemerintah memutuskan untuk memperpanjang periode bantuan tersebut hingga akhir tahun.

HP Oppo A11k Membawa Fitur Istimewa, Harganya Rp 1 Jutaan

HP Oppo A11k termasuk dalam keluarga series “A” yang secara resmi telah hadir pada pasar Indonesia. Kehadiran seri ini menyasar kepada kalangan...

Fitur HP Oppo A15, Dilengkapi Teknologi AI pada Kamera

Fitur HP Oppo A15 layak Anda pertimbangkan saat ingin membeli smartphone baru. Oppo A15 resmi hadir pada pasar Indonesia untuk memenuhi berbagai...