Jumat, 4 Desember 2020
Jumat, 4 Desember 2020
 
 

Ratusan Warga Antusias Ikuti Tradisi Merlawu di Ciamis

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Ratusan warga Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan tradisi Merlawu di Situs Kabuyutan Gandoang, Jumat (6/11/2020).

Masyarakat rutin menggelar tradisi setiap tahun pada bulan Mulud ini untuk mendoakan tokoh atau leluhur zaman dulu yang telah berjasa bagi masyarakat Desa Wanasigra.

Meski dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan tetap berlangsung namun dengan protokol kesehatan ketat. Setiap warga yang datang harus memakai masker.

Di Situs Gandoang terdapat makam sesepuh dan tokoh masa lalu yakni Syekh Padamatang yang sangat berjasa dalam kemajuan Desa Wanasigra.

Ngarangki atau mengganti pagar makam Syekh, mengawali prosesi Tradisi Merlawu. Kemudian siangnya melaksanakan Nyiraman benda pusaka di Bumi Pakuncen.

Sebelum hari puncak Merlawu, malam harinya panitia melakukan pawai keliling desa untuk mengumumkan bahwa akan ada acara puncak dari kegiatan tradisi ini.

Acara puncak Tradisi Merlawu berlangsung pada hari Jumat (6/11/2020) pukul 7 pagi hingga selesai, dengan isi tawasulan dan doa bersama ke makam Syekh Padamatan.

Prosesi Tradisi Merlawu di Ciamis

Kepala Desa Wanasigra Yudi Wahyudi menerangkan kegiatan adat Merlawu ini sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas nikmat rezeki dan hasil bumi yang melimpah.

”Ini bentuk rasa syukur kami. Atas Nikmat dan hasil bumi yang melimpah. Juga sebagai bentuk terima kasih kepada sesepuh,” ujar Yudi, Jumat (6/11/2020).

Sehari sebelum ziarah ke makam Syekh Padamatan, warga Desa Wanasigra membersihkan Pusaka peninggalan Syekh yang tersimpan pada sebuah tempat khusus di balai desa.

Setelah pelaksanaan ziarah di makam Syekh Padamatan, ratusan warga Desa Wanasigra ini kemudian melakukan makan bersama sebagai ungkapan rasa syukur.

Makanan tersebut berasal dari perbekalan warga yang sukarela kumpulkan. Lalu bagi-bagi secara bersama-sama.

Bagi warga yang akan berdoa di makam Syekh, saat memasuki area makam harus melepaskan alas kaki. Hal ini sebagai bentuk penghormatan. Sekaligus menjaga agar area makam tetap bersih dan terjaga.

Selama prosesi adat Merlawu, sambung Yudi, pihaknya melaksanakan protokol kesehatan. Menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di pintu masuk, serta menyiapkan pengukur suhu tubuh.

“Kami beri pengertingan kepada warga. Saat Merlawuh untuk tetap melaksanakan 3M. Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkasnya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Jin BTS Dapat Penangguhan Wajib Militer, Kabar Gembira Untuk ARMY

Jin BTS dapat penangguhan wajib militer dari Badan Administrasi Militer Korea Selatan. Hal tersebut atas pertimbangan pelbagai prestasi yang BTS peroleh.

Zanziman Ellie Manusia Hutan Dari Afrika, Mowgli ‘The Jungle Book’ di Dunia Nyata

Zanziman Ellie manusia hutan dari Afrika kini tengah ramai jadi sorotan. Pasalnya ia memiliki kemiripan dengan karakter Mowgli dalam film The Jungle...

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...