oleh

Rusak, Pedagang Kambing Keluhkan Infrastruktur Pasar Hewan Banjarsari Ciamis

Hubungi
 
 

Banjarsari, galuh.id – Para pedagang kambing dan domba mengeluhkan keadaan pasar hewan Banjarsari Ciamis yang rusak dan seolah dibiarkan begitu saja.

Pasar hewan tersebut berada di Dusun Cibeureum RW 08, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis.

Loading...

Untung, pedagang kambing yang juga warga setempat mengatakan, rusaknya infrastruktur pasar hewan Banjarsari Ciamis sudah berlangsung lama hingga bertahun-tahun.

“Lihat saja mas, di sini hampir semua fasilitasnya sudah pada rusak. Seperti kamar toilet rusak, patok pengikat kambing rusak dan yang paling parah ketika datang hujan pasarnya jadi becek digenangi air cileuncang,” ujarnya.

Lanjutnya, pedagang maupun pembeli hewan kambing di pasar ini bukan hanya berasal dari Ciamis saja, tapi dari luar daerah pun ada, seperti dari Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, dan sejumlah kota dari Jawa Tengah.

“Saya berharap kepada pemangku kebijakan bisa mendengar keluhan kami ini. Jangan hanya mengeruk uangnya saja. Sementara kewajibannya tidak ditunaikan,” ketusnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Ternak dan Rumah Potong Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Upin Kusdiana SP, setelah mendapat laporan dari para pedagang kambing, langsung mendatangi lokasi, Selasa (14/1/2020).

“Saya bersama jajaran datang ke pasar hewan ini setelah ada laporan bahwa fasilitas pasar hewan di Banjarsari buruk,” kata Upin.

Di pasar hewan, Kepala UPTD ini berdiskusi dan mendengarkan keluhan-keluhan para pedagang.

Para pedagang juga menunjukkan fasilitas yang sudah rusak kepada Kepala UPTD.

“Memang banyak fasilitas yang sudah rusak dan harus segera dibenahi,” ujar Upin.

Upin menjelaskan, pasar hewan ini statusnya aset Pemerintah Desa, bukan aset Pemda.

“Jadi yang harus bertanggung jawab sebenarnya Pemerintah Desa, bukan Pemerintah Kabupaten,” jelasnya.

Meski bukan aset Pemda, tetapi Upin mengatakan, pihaknya tidak akan diam begitu saja. Dia tetap akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar kondisi pasar hewan Banjarsari bisa diperbaiki

“Pokoknya semua keluhan para pedagang dan hasil tinjauan ini, akan kami teruskan ke Pimpinan” pungkas Upin. (GaluhID/Uus)

loading...

BERITA SELANJUTNYA