Rabu, 15 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
 
 

Secara Mufakat, Maulana Sidik terpilih menjadi Ketua GP Ansor Ciamis

Ciamis, galuh.id – Konferensi Cabang (Konfercab) XII Gerakan Pemuda Ansor Ciamis yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Kasepuhan Atas Angin Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng (26/10/2019) berhasil memilih Maulana Sidik sebagai Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Ciamis periode 2019-2023. Sistem pemilihan ketua dilaksanakan dengan model musyawarah untuk mufakat.

Pimpinan Pusat GP Ansor, Nuruzzaman, menerangkan, GP Ansor yang lahir pada 1934 adalah organisasi pemuda yang berdiri sejak sebelum negara ini lahir. Untuk itu ia harus mampu menyelenggarakan suksesi kepemimpinan secara damai dan diharapkan menjadi contoh bagi organisasi lainnya. Selain itu, menjadi pengurus GP Ansor harus diniatkan untuk berhidmah kepada ulama bukan untuk mencari jabatan.

“KH Hasyim Asy’ari (Pendiri Nahdlatul Ulama) sudah menegaskan kepada kita bahwa siapa yang berhidmah kepada NU (induk GP Ansor) maka ia menjadi santrinya dan didoakan husnul khotimah. Oleh karenanya, kader Ansor yang akan menjadi pengurus harus memiliki niat untuk berhidmah dan mendahulukan prinsip musyawarah mufakat untuk memilih pemimpin dari pada sistem voting sebagaimana yang lazim dilakukan sistem demokrasi prosedural,” katanya saat memberikan sambutan.

Konfercab yang diikuti oleh seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting GP Ansor se-kabupaten Ciamis itu, selain memilih pengurus periode berikutnya juga menyusun program kerja organisasi ke depan. Ketua terpilih, Maulana Sidik, menyatakan akan fokus meningkatkan kapasitas anggota melalui kaderisasi secara berjenjang dalam masa kepemimpinannya.

“Dalam 60 hari sejak ditetapkan sebagai Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Ciamis, saya akan menyelenggarakan Pendidikan Kader Dasar (PKD) di tiap-tiap PAC dan melakukan pelatihan kewirausahaan untuk meningkatkan skill anggota di bidang ekonomi,” katanya.

Konfercab yang diselenggarakan sehari tersebut, dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra. Selain itu hadir pula Pimpinan Pusat dan Pimpinan Wilayah GP Ansor, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Johan J. Anwari, anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Nopi Zainudin, Camat Cikoneng, Kapolsek Cikoneng dan Danramil Cikoneng. (GaluhID/Naldo)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Temukan Kami

49,356FansSuka
185PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Gaji ke-13 PNS Tahun 2020 Tak Kunjung Cair, Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Gaji ke-13 PNS tahun 2020 tak kunjung cair. Pemerintah hingga saat ini belum juga mencairkan tunjangan bagi para...

HP 1 Jutaan Untuk Pelajar, Belajar Dirumah Jadi Makin Nyaman

HP 1 Jutaan untuk Pelajar tentunya akan banyak dicari oleh para orang tua untuk anaknya. Mengingat sekolah masih belum bisa melakukan tatap...

PLN Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19 Senilai Rp 42,9 Milyar

Berita Nasional, galuh.id - PLN salurkan bantuan pencegahan Covid-19 senilai Rp. 42,9 Milyar, melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk Disiplinkan Warga, Pemkab Ciamis Dukung Denda Tak Bermasker

Berita Ciamis, galuh.id - Untuk mendisiplinkan warga tentang protokol kesehatan terkait dengan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Ciamis dukung denda tak bermasker.

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...