oleh

Selamat! Pasar Galuh Kawali Juara 1 Festival Pasar Rakyat Tingkat Jabar

 
 

Ciamis, galuh.id – Pasar Galuh Kawali jadi juara 1 di Festival Pasar Rakyat Juara tingkat Provinsi Jawa Barat 2019 karena dinilai bersih dan mampu bersaing dengan pasar modern.

Dari kejuaraan itu, Kabupaten Ciamis mendapat uang pembinaan sebesar Rp 25 juta dan satu buah mobil mini bus Suzuki APV. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan hadiah secara langsung kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis diwakili Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Ciamis, Yusuf. 

Yusuf mengatakan, Festival tersebut baru pertama kali dilakukan. Menurutnya, Festival Rakyat Juara itu akan memacu daerah untuk memperbaiki pasar lebih baik.

“Alhamdulillah Ciamis jadi juara 1 dalam Festival Pasar Rakyat Juara 2019. Pasar Galuh Kawali yang masuk nominasi dalam kategori pasar kecil,” ujar Yusuf di Kantornya, Senin (25/11/2019).

Ia mengatakan, pihaknya tidak mengetahui kalau Pasar Galuh Kawali masuk nominasi. Secara tiba-tiba Yusuf mendapat undangan ke Bandung untuk menggelar ekspose terkait Pasar Galuh Kawali.

“Memang sebelumnya kita mendaftarkan Pasar Kawali untuk nominasi pasar kecil. Tapi kita tidak tahu kalau masuk nominasi enam besar. Tahu-tahu kita disuruh ekspose di Bandung,” ujar Yusuf.

Ternyata, katanya, apa yang ditemukan oleh tim Gubernur Jawa Barat sama dengan materi yang diekspose Dinas Perdagangan Ciamis. 

Menurut Yusuf, dirinya hanya menerima pertanyaan tentang masalah sosial di sekitar Pasar Galuh Kawali. Serta memberi pertanyaan tentang persaingan pasar tradisional dengan pasar modern di Kabupaten Ciamis.

“Kita jawab kalau pasar modern memang sebagai kompetitor. Dan menurut kami, kompetitor itu biasa di dalam hukum pasar. Itu kan biasa, pasti ada persaingan dari jual beli itu. Hanya saja, sebagai pasar tradisional harus mampu memberikan persaingan dalam pelayanan kepada pembeli,” katanya.

Menurutnya, jumlah kios di Pasar Kawali sebanyak 426 kios dan ada 94 loss. Pasar Kawali bisa bersaing dengan pasar modern karena sudah tidak ada yang kotor dan becek. Semuanya bersih serta higienis.

Dalam penilaian Pasar Galuh Kawali dinilai paling bersih dari sekian pasar yang dinilai oleh tim penilai perwakilan dari provinsi, hal tersebut membuat Pasar Galuh Kawali mendapatkan nilai tinggi dari kebersihannya dan fasilitas umum yang tersedia.

“Pasar Kawali bukan pasar yang dahulu orang bilang itu kotor, sehingga pembeli juga males untuk belanja. Tapi pasar tradisional di Ciamis sudah benar-benar bersaing dengan pasar modern,” ucapnya. (GaluhID/Taz)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA