Jumat, 27 November 2020
Jumat, 27 November 2020
 
 

Sensus Penduduk Online Terakhir Hari Ini, Sudahkah Anda Mengisinya?

Hubungi Kami

Sensus penduduk online di Indonesia sebenarnya sudah dilakukan pada pertengahan bulan Februari 2020. Rencananya akan berakhir pada akhir bulan Maret 2020, namun dikarenakan pandemi Corona maka diundur hingga tanggal 29 Mei 2020.

Sensus penduduk adalah cara terstruktur untuk mendapatkan informasi deskriptif tentang jumlah dari sebuah populasi baik manusia, hewan atau tumbuhan dan biasanya dilakukan 10 tahun sekali.

Indonesia sendiri melaksanakan sensus penduduk sebanyak 8 kali yaitu pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010. Sensus pertama dan kedua diambil oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1920 dan 1930.

Alasan Dilakukannya Sensus Penduduk Online

Sensus online dipilih karena beberapa alasan. Salah satunya karena bisa dikerjakan perorangan selama periode pelaksanaan. Ini didukung kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menggunakan teknologi informasi yang semakin baik.

Selain itu, masyarakat jadi lebih sadar tentang arti penting data, dimulai dari informasi pribadi. Pendataan masyarakat pun akan menjadi lebih mudah. Masyarakat juga akan lebih aktif untuk turut serta dalam sensus.

Cara Pengisian Sensus Penduduk Online

Pelaksanaan sensus penduduk secara online diharapkan bisa jadi lebih mudah dan praktis. Untuk tata cara pengisian, berikut adalah poin-poin yang perlu diikuti.

Siapkan data diri Anda mulai dari E-KTP dan Kartu Keluarga, surat pernikahan, akta kematian jika ada keluarga yang meninggal, KITAS bagi warga asing, surat perceraian, dokumen tambahan anggota keluarga.

Akses melalui web di link www.bps.go.id

Di bagian atas ada link untuk menuju Sensus penduduk 2020

Masukkan nomor induk kependudukan (NIK)

Masukkan nomor kartu keluarga (KK)

Masukkan kode captcha yang tersedia di laman, klik tombol cek keberadaan

Buat Password untuk keamanan akun anda

Ikuti Petunjuk dan jawab pertanyaan yang muncul dengan sebenar-benarnya

Setelah menjawab pertanyaan klik tombol kirim dan juga unduh file tersebut untuk bukti anda telah melakukan sensus penduduk online

Jika anda telah melakukan tata cara pengisian, beberapa hari kemudian akan ada petugas yang mendata dan mewawancarai Anda ke rumah.

Jangan lupa siapkan E-KTP dan juga kartu keluarga atau identitas diri Anda yang lain semisal akta pernikahan dan akta kematian.

Berikut adalah data-data yang dikumpulkan:

  1. Nama lengkap
  2. NIK
  3. Alamat
  4. Lama tinggal pada alamat saat ini
  5. Jenis kelamin
  6. Tempat dan tanggal lahir
  7. Kewarganegaraan
  8. Suku bangsa
  9. Agama
  10. Bahasa yang digunakan
  11. Status hubungan dengan Kepala Keluarga
  12. Status perkawinan
  13. Aktivitas yang biasa dilakukan
  14. Pekerjaan
  15. Status pekerjaan Pendidikan
  16. Ijazah/pendidikan tertinggi Perumahan
  17. Status kepemilikan rumah yang ditempati saat ini
  18. Listrik
  19. Sumber air minum
  20. Kepemilikan jamban
  21. Jenis lantai terluas

Kendala Sensus Penduduk Online

Sejauh ini reaksi masyarakat cukup positif dengan adanya sensus pendudukan online. Ini dibuktikan dengan partisipasi masyarakat sebanyak 32,4 juta penduduk atau sekitar 12,5 persen penduduk yang telah berpartisipasi dalam sensus penduduk online hingga bulan Maret 2020.

Namun banyak kendala yang dihadapi juga oleh masyarakat khususnya yang ingin aktif dalam sensus penduduk. Berikut ini kendala yang sering ditemui:

Minimnya koneksi internet di daerah pedesaan. Keberadaan internet masih belum merata terutama di daerah pelosok.

Website bps terkadang sulit untuk di akses. Bisa jadi disebabkan karena banyaknya user yang mengakses halaman secara serentak.

Pertanyaan keamanan tidak muncul sehingga orang kesulitan untuk daftar atau login.

Ketika mengirim data selalu muncul peringatan “data tidak lengkap”.

Ada sebagian masyarakat yang mengkhawatirkan data pribadinya diretas.

Masyarakat yang masih pragmatis, karena dirasa tidak memberikan efek langsung kepada kehidupannya.

Tidak semua kalangan masyarakat melek internet, sehingga ada kemungkinan sensus penduduk online tidak diikuti oleh semua orang..

Untuk Keamanan data pribadi di Indonesia sendiri telah dilindungi melalui undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Sehingga warga tidak perlu khawatir akan penyalahgunaan data.

Dengan ikut berpartisipasi dalam sensus penduduk online, masyarakat akan semakin sadar tentang pentingnya pendataan. Data-data yang terkumpul nantinya dapat memudahkan pemerintah untuk membuat program-program sosial dan kependudukan. (GaluhID/Elsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Login apb.kemdikbud.go.id, Bantuan untuk Pelaku Budaya dari Kemendikbud

Login apb.kemdikbud.go.id guna mendapatkan bantuan senilai Rp 1 Juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan November ini. Dalam...

Gaji Guru PPPK Setara dengan PNS, Berikut Ketentuannya

Gaji guru PPPK setara dengan PNS sudah menjadi ketentuan. Karena keduanya merupakan sama-sama pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Pemerintah...

BSU Kemendikbud Siap Cair, Lakukan Ini Untuk Aktivasi Rekening

BSU Kemendikbud siap cair ke rekening para penerima bantuan. Ada beberapa langkah yang harus terpenuhi agar dana bantuan bisa segera masuk kantong...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Login apb.kemdikbud.go.id, Bantuan untuk Pelaku Budaya dari Kemendikbud

Login apb.kemdikbud.go.id guna mendapatkan bantuan senilai Rp 1 Juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan November ini. Dalam...

9 Pelaku Pencabulan Anak di Tasikmalaya Ditangkap Polisi, 1 Pelaku Kakek 6 Cucu

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Polisi menangkap 9 orang tersangka pelaku tindak pencabulan anak di Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gaji Guru PPPK Setara dengan PNS, Berikut Ketentuannya

Gaji guru PPPK setara dengan PNS sudah menjadi ketentuan. Karena keduanya merupakan sama-sama pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Pemerintah...

HP Poco M3 Kapan Rilis di Indonesia? Cek Dulu Harganya

HP Poco M3 sebagai produk penutup akhir tahun yang telah rilis secara global pada Selasa, 24 November 2020 secara online. perilisan melalui...

Diego Maradona Meninggal Dunia, Menimbulkan Kesedihan Mendalam Bagi Semua Orang

Diego Maradona Meninggal Dunia, Legenda sepakbola dari Argentina tersebut dikabarkan menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu, 25 November 2020 malam WIB.