oleh

Siapkan Alumni ke Jepang, SMKN 2 Ciamis Launching Tabungan Pelajar

 
 

Ciamis galuh.id – SMKN 2 Ciamis melakukan terobosan baru untuk menyiapkan calon alumni yang siap diberangkatkan ke Jepang, yakni mengadakan tabungan pelajar dengan merangkul salah satu bank.

Asep Agus selaku kepala SMKN 2 ciamis mengatakan, siswa diwajibkan untuk membayar saldo awal dengan nominal Rp 5.000 untuk membuka rekening.

“Dengan tabungan pelajar ini salah satu persiapan untuk bekal menjelang pelaksanaan praktek kerja industri di Jepang nanti, diharapkan bisa sedikit meringankan biaya, karena nanti tentunya banyak cost yang harus dkeluarkan menjelang peraktek industri,” terang Asep Agus, Kepala Sekolah SMKN 2 Ciamis, Senin (29/7/2019).

Selain itu, kata dia, tabungan pelajat tersebut bisa digunakan untuk tujuan jangka panjang untuk berbagai keperluan. Diantaranya bisa digunakan sebagai modal usaha bagi yang tidak melanjutkan studi, atau bagi siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi bisa digunakan sebagai modal dasar untuk studi.

“Selama ini pemberangkatan ke Jepang itu terkendala dengan dua hal yaitu izin orang tua dan biaya. Nah saat ini kami coba berikan solusi untuk biaya dengan ikut program tabungan pelajar,” ungkapnya.

Asep menuturkan, bagi siswa yang berminat ke Jepang upaya ini dapat menjembatani persiapan di sana. Untuk itu ia menyiapkan mental siswanya karena jauh dari orang tua dan bekalnya.

“Setiap tahun kita menargetkan 50 orang alumni bisa berangkat ke Jepang. Pastinya siswa tersebut telah dinyatakan lolos dari berbagai tahapan seleksi. Harapannya semua siswa mengikuti program tabungan pelajar biar nanti kelak bisa merasakan manfaatnya,” paparnya.

Kata Asep, program Tabungan ini berlaku bagi seluruh siswa dari kelas X sampai XII, tujuannya siswa terdidik gemar menabung untuk masa depannya.

“Kami dari pihak sekolah berkeinginan agar semua siswa bisa ikut nabung sebagai bekal untuk sukses di masa depannya, nanti bisa tercukupi sehingga bisa meringankan juga buat orang tuanya nanti,” pungkasnya. (galuh.id/Riyan)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA