oleh

Sidak Bupati Ciamis ke Banjarsari: Pasar Baru Tak Ditempati, Sungai Cikaso Penuh Sampah

 
 

Banjarsari, galuh.id – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kecamatan Banjarsari, Kamis (26/9/2019).

Ada dua tempat yang didatangi Bupati Ciamis, yaitu pasar baru Banjarsari dan sungai Cikaso.

Herdiat melakukan Sidak ke Banjarsari setelah mendapat pesan WhatsApp dari salah seorang warga Banjarsari. Warga melaporkan Sungai Cikaso yang dipenuhi sampah.

Ketika Sidak di Pasar Banjarsari, Herdiat
berjanji akan memperbaiki fasilitas pasar termasuk infrastruktur jalan.

“Waduh bener-bener parah keadaannya.
Ini harus segera diperbaiki. Insya Allah, kita akan perbaiki, mungkin tahun ini atau tahun berikutnya. Pokoknya akan kita lakukan perbaikan secara berjenjang,” katanya.

Herdiat juga masuk ke gedung pasar yng baru dibangun. Herdiat mengaku heran melihat gedung pasar megah yang berisi los, namun belum digunakan untuk berdagang.

Bupati sempat menelpon Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) untuk mempertanyakan akar permasalahannya.

“Sayang pasar semegah ini belum juga di-gunakan. Saya akan cari akar masalahnya,” ujar Herdiat.

Usai meninjau pasar, Herdiat berjalan menuju sungai Cikaso yang tak jauh dari pasar.

Melihat kondisi sungai Cikaso di penuhi sampah, Herdiat kemudian berkomunikasi dengan Kadis DPRKPLH yang ikut mendampinginya.

“Ini urgen, harus segera lakukan upaya penanggulangabnya. Insya Allah kita akan terjunkan alat berat untuk mengeruk sampah ini, sebelum musim hujan datang,” kata Herdiat.

Meskipun begitu, Herdiat juga mengimbau adanya kesadaran dari masyarakat.

“Percuma setelah kita keruk, kalau masyarakat tetap membuang sampah ke sungai, ya percuma tidak akan ada artinya,” katanya.

Herdiat berencana menyimpan bak penampungan sampah di beberapa titik, agar masyarakt tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, Herdiat juga berjanji akan menambah armada pengangkut sampah dan akan menyimpan pemadam kebakaran (Damkar) di kecamatan Banjarsari.

Sementara aktivis lingkungan dari komunitas Lingkar Matahati, Muhammad Abid Buldani menyampaikan langsung kepada Bupati Ciamis akar permasalahan terkait sampah di Banjarsari.

“Permasalahannya bagi masyarakat yaitu masalah fasilitas pembuangan sampah. Sepertinya apabila ada fasilitas pembuangannya, Insya Allah masyarakat tidak akan membuang sampah ke sungai,” paparnya. (GaluhID/Uus)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA