Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Sidak Bupati Ciamis ke Banjarsari: Pasar Baru Tak Ditempati, Sungai Cikaso Penuh Sampah

Banjarsari, galuh.id – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di kecamatan Banjarsari, Kamis (26/9/2019).

Ada dua tempat yang didatangi Bupati Ciamis, yaitu pasar baru Banjarsari dan sungai Cikaso.

Herdiat melakukan Sidak ke Banjarsari setelah mendapat pesan WhatsApp dari salah seorang warga Banjarsari. Warga melaporkan Sungai Cikaso yang dipenuhi sampah.

Ketika Sidak di Pasar Banjarsari, Herdiat
berjanji akan memperbaiki fasilitas pasar termasuk infrastruktur jalan.

“Waduh bener-bener parah keadaannya.
Ini harus segera diperbaiki. Insya Allah, kita akan perbaiki, mungkin tahun ini atau tahun berikutnya. Pokoknya akan kita lakukan perbaikan secara berjenjang,” katanya.

Herdiat juga masuk ke gedung pasar yng baru dibangun. Herdiat mengaku heran melihat gedung pasar megah yang berisi los, namun belum digunakan untuk berdagang.

Bupati sempat menelpon Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) untuk mempertanyakan akar permasalahannya.

“Sayang pasar semegah ini belum juga di-gunakan. Saya akan cari akar masalahnya,” ujar Herdiat.

Usai meninjau pasar, Herdiat berjalan menuju sungai Cikaso yang tak jauh dari pasar.

Melihat kondisi sungai Cikaso di penuhi sampah, Herdiat kemudian berkomunikasi dengan Kadis DPRKPLH yang ikut mendampinginya.

“Ini urgen, harus segera lakukan upaya penanggulangabnya. Insya Allah kita akan terjunkan alat berat untuk mengeruk sampah ini, sebelum musim hujan datang,” kata Herdiat.

Meskipun begitu, Herdiat juga mengimbau adanya kesadaran dari masyarakat.

“Percuma setelah kita keruk, kalau masyarakat tetap membuang sampah ke sungai, ya percuma tidak akan ada artinya,” katanya.

Herdiat berencana menyimpan bak penampungan sampah di beberapa titik, agar masyarakt tidak membuang sampah sembarangan.

Selain itu, Herdiat juga berjanji akan menambah armada pengangkut sampah dan akan menyimpan pemadam kebakaran (Damkar) di kecamatan Banjarsari.

Sementara aktivis lingkungan dari komunitas Lingkar Matahati, Muhammad Abid Buldani menyampaikan langsung kepada Bupati Ciamis akar permasalahan terkait sampah di Banjarsari.

“Permasalahannya bagi masyarakat yaitu masalah fasilitas pembuangan sampah. Sepertinya apabila ada fasilitas pembuangannya, Insya Allah masyarakat tidak akan membuang sampah ke sungai,” paparnya. (GaluhID/Uus)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...