Kamis, 17 Juni 2021
Kamis, 17 Juni 2021
BJB

Simulasi Penanganan Jenazah Covid-19, TNI/Polri Ciamis Siap Bantu Tenaga Medis

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Polres Ciamis bersama Kodim 0613 Ciamis menggelar simulasi atau pelatihan bersama olah TKP dan tata cara pemulasaran jenazah korban Covid-19, Rabu (22/4/2020) di Halaman Mapolres Ciamis.

Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pembelajaran bagi anggota baik Polisi maupun TNI. Tentunya untuk penanganan jenazah Covid-19 agar mendapatkan pemakaman yang layak.

“Jadi dalam hal menangani penemuan mayat ini ada hal-hal yang harus diperhatikan dan SOP yang harus dijalankan. Sehingga tidak membahayakan personil,” katanya.

Dony menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk antisipasi apabila dari tenaga medis tidak mencukupi, jadi sebagai tenaga cadangan.

“Jadi kita latih juga cara pemakamannya seperti apa, sebagai upaya memback up jika tenaga medis tidak mencukupi,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0613 Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio menambahkan, kegiatan tersebut sesuai perintah Panglima TNI.

Hal tersebut untuk mengawal jenazah korban Covid-19 atau yang diduga korban Covid-19 agar bisa dimakamkan dengan layak.

“Dengan demikian kami menyadari, tentunya dengan keterbatasan tenaga medis maupun pengurus pemakaman. Maka dari itu kami menyiapkan personil untuk terjun penanganan jenazah Covid-19,” tegasnya.

Dandim mengatakan, personil dari Kodim 0613 maupun Polres Ciamis ini nantinya akan diberikan arahan dan aturan SOP. Selain itu juga tata cara memakai APD yang benar dan sesuai standar.

“Mudah-mudahan saja para personil dan APD ini tidak kepakai. Jadinya kalau tidak kepakai di Ciamis berarti tidak ada korban,” pungkasnya. (GaluhID/Ramdani)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan