SMPN 1 Padaherang Pangandaran
MPLS SMPN 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ditutup dengan pengenalan ekskul Pramuka, Minggu (21/7/2019). Foto: Dok SMPN 1 Padaherang

Pangandaran, galuh.id -Kepala Sekolah SMPN I Padaherang Drs H Rahmat M.Pd menutup kegiatan Masa Pengenalan Sekolah (MPLS) yang ditandai dengan berakhirnya acara pengenalan ekskul Pramuka di lingkungan kampus SMP Negeri 1 Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Minggu  (21/7/2019).

Kepala Sekolah SMPN 1 Padaherang tersebut mengatakan, tujuan MPLS untuk mengenalkan kondisi sekolah, baik dari perwajahan, sarana prasarana dan fasilitas, ditambah kegiatan yang bersifat positif yakni penyuluhan bahaya dan dampak narkoba terhadap kesehatan, tata cara belajar, dan wawasan adiwiyata.

“Harapan ke depan, para siswa baru sudah siap menyambut proses pembelajaran, akademik dan non akademik. Termasuk pengenalan organisasi di sekolah,” katanya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Padaherang, Drs H Rahmat M.Pd bersama guru dan perwakilan siswa baru, pada acara pembukaan MPLS, Senin (15/7/2019) lalu. Foto: Dok. SMPN 1 Padaherang.

MPLS, lanjutnya, juga bertujuan untuk menumbuhkan disiplin dan perilaku positif siswa, yakni kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai dan menghormati,menjaga kebersihan dan kesehatan serta memiliki integritas untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Sekolah, sehingga siswa termotivasi untuk berlomba-lomba menjadi siswa berprestasi.

“Pembelajaran di SMP sangat berbeda dengan SD karena siswa dituntut untuk belajar sesuai lebih mandiri dan di tingkat SMP jumlah pelajarannya pun lebih banyak dibanding pada saat SD. Jangan sia-siakan kesempatan yang telah diperoleh setelah diterima sebagai siswa di SMPN 1 Padaherang  sehingga proses pembelajaran yang ada jadi tidak bermanfaat, berlomba-lombalah meraih prestasi,” ucapnya.

Ketua panitia MPLS Arman.D SPd yang juga Wakasek bidang kesiswaan mengatakan kegiatan MPLS dilaksanakan selama satu satu minggu, dimulai dari hari Senin (15/7/2019) sampai hari Minggu 21/7/2019.

Para peserta MPLS SMPN Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Foto: Dok. SMPN 1 Padaherang.

“MPLS SMPN 1 Padaherang  diikuti oleh siswa baru kelas VII sebanyak 287 orang. Narasumber pengisi MPLS berasal dari sekolah dan juga dari luar sekolah,” kata Arman.

Arman menambahkan kegiatan MPLS ditutup dengan kegiatan pengenalan ekstrakurikuler Pramuka. Siswa pun diajak untuk menginap  di sekolah pada malam Minggu. Sementara pada hari penutupan, acara lebih banyak diisi dengan hiburan.

“Kegiatan upacara dan api unggun diisi dengan  kegiatan yang bertujuan menghibur anak didik. Bahkan, peserta juga ikut bernyanyi bersama.  Suasana akhir MPLS SMPN 1 Padaherang benar-benar larut dalam kekeluargaan. Semua tertawa dan bergembira,” pungkasnya. (galuh.id/Danismaya)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini