Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Stok Darah PMI Ciamis Saat Pendemi Covid-19 Sangat Kurang

Berita Ciamis, galuh.id – Stok darah PMI Ciamis saat ini sangat kurang, sehingga perlu adanya kesadaran dari masyarakat agar bersedia mendonorkan darahnya.

Dari pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Ciamis, H. Tete menyampaikan tentang kekurangannya stok darah terlebih saat pandemi Covid-19.

“Stok darah PMI Ciamis sangat kurang, terlebih dengan kondisi pandemi sekarang ini,” jelas H. Tete, Kamis (28/1/2021).

H. Tete juga menambahkan tentang kekurangan darah tersebut, dan pihaknya juga terus berupaya memberikan pemahaman bagi calon pendonor.

Kemudian H. Tete juga menyampaikan karena saat ini Ciamis berlaku Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) proses donor darah harus menyesuaikan.

“Meskipun PPKM kami masih melayani donor darah hanya saja harus menerapkan protocol kesehatan,” jelas H. Tetet.

Karena ketersediaan darah sangat kurang, untuk donor darah pihaknya masih melayani dengan syarat koordinasi terlebih dahulu pada kecamatan.

H. Tetet juga menambahkan selain koordinasi tersebut, dalam pelaksanaannya harus menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu.

PMI Mengucapkan Terima Kasih Pada Pihak Yang Berpartisipasi

Kondisi stok darah PMI Ciamis kurang, H. Tetet menyampaikan ucapan teria kasih pada pihak yang turut membantu terkait ketersediaan darah.

Pasalnya PKH Ciamis melalui tim kesehatan memiliki salah satu programnya yaitu berpartisipasi dalam hal ketersediaan darah.

“Hari ini saya mengucapkan terima kasih pada PKH Ciamis yang telah berpartisipasi dengan melakukan donor darah,” ucap H. Tetet.

Sementara itu mewakili Tim Kesehatan Program Keluarga Harapan (PKH) Ciamis, Nenden Sumarni, S.Kep donor darah menjadi salah satu program kerjanya.

“Alhamdulilah kami dapat berpartisipasi, ini merupakan kegiatan perdana, dan terlebih dahulu yang mendonorkan darahnya adalah SDM PKH,” jelas Nenden.

Selain itu juga Sri Senja selaku Tim Kesehatan menambahkan, nantinya akan melakukan edukasi tentang donor darah.

“Kami akan keliling melakukan sosialisasi tentang pentingnya donor darah pada setiap kecamatan, semoga ini turut membantu PMI,” jelas Sri Senja.

Adanya Tim Kesehatan semakin banyak KPM PKH yang menyadari pentingnya berbagi, sehingga stok darah PMI Ciamis kurang dapat teratasi. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan