Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:00
Minggu, 24 Oktober 2021
More
    BJB

    Sudah Lolos Kartu Prakerja, Kapan Insentif Cair?

    Sudah lolos Kartu Prakerja namun belum mendapatkan insentif bantuan? Banyak warganet yang mengeluhkan hal yang sama. Bahkan menuliskan berbagai pertanyaan pada akun Instagram @prakerja.go.id.

    Sebagai informasi, hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 13 baru saja pemerintah umumkan pada Rabu,.10 Maret 2021 pada pukul 12.00 WIB.

    Masih sama seperti sebelumnya, gelombang 13 ini menerima sebanyak 600.000 orang yang menjadi peserta penerima Kartu Prakerja.

    Baca Juga: Cara Cepat Menerima Sertifikat Kartu Prakerja

    Baik yang sudah menerima SMS pemberitahuan atau mengeck pada dashboard akun Kartu Prakerja tentu sangat menanti kapan insentif bantuan cair.

    Bagi peserta yang telah lulus nantinya akan mendapat insentif pelatihan sebesar Rp 1 juta yang wajib untuk membeli pelatihan yang tersedia.

    Ada berbagai jenis mitra pelatihan yang bisa peserta ikuti antara lain Tokopedia, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pinteria, Pijar, dan Sekolahmu.

    Meski baru beberapa peserta yang mendapatkan insentif ini, Instagram @prakerja.go.id menyampaikan jika pihaknya sedang mencairkan bantuan secara bertahap.

    Untuk itu para peserta yang kebingungan kapan insentif cair tinggal menunggu update pada akun masing-masing.

    Sudah Lolos Kartu Prakerja dan Pencairan Insentif

    Akan tetapi uang insentif pelatihan tersebut tidak bisa peserta gunakan sebelum menonton 3 video induksi dengan durasi 2 – 3 menit per videonya.

    Head of Communications Manajemen PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menjelaskan video induksi tersebut berfungsi untuk membantu para peserta memahami cara kerja Kartu Prakerja.

    “Video induksi ini akan membantu mereka memahami cara kerja program, cara beli pelatihan, dan menautkan rekening,” ucap Louisa pada Kamis, 4 Maret 2021.

    Untuk membeli pelatihan, Anda tinggal memilih platfrom serta bidang yang diingikan kemudian halaman akan berpindah ke kategori ‘Kartu Prakerja’.

    Kemudian Anda tinggal menekan tombol ‘Beli’ dan tempelkan nomor Kartu Prakerja dari dashboard ke menu pembelian pelatihan.

    Sebagai catatan, dana insentif pelatihan ini wajib Anda gunakan untuk membeli pelatihan yang ada dalam jangka waktu 30 hari.

    Jika tidak, nantinya status kepesertaan pada akun Prakerja akan terblokir dan Anda tidak bisa mengikuti program Kartu Prakerja untuk kedepannya.

    Nantinya akan muncul pemberitahuan jika transaksi telah berhasil dan saldo akan terpotong secara otomatis.

    Setelah mendaftar pada mitra pelatihan dan mengikuti bimbingan selama 30 hari, peserta bisa mendapatkan insentif bulanan sebesar Rp 2,4 juta.

    Dana tersebut akan terbagi dalam empat bulan, sehingga setiap bulannya peserta akan menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu.

    Akan tetapi, Louisa menegaskan jika pemberian insentif bulanan baru akan cair setelah peserta menerima sertifikat pelatihan.

    Bagi peserta yang mengikuti lebih dari satu kali pelatihan nantinya insentif hanya diberikan saat pelatihan pertama selesai dan tidak ada insentif untuk pelatihan kedua maupun seterusnya.

    Penyebab Insentif Bulanan Tidak Kunjung Cair

    Meski telah usai mengikuti pelatihan Prakerja, dana insentif bulanan tidak semerta merta langsung cair.

    Para peserta wajib memberikan rating kepada mitra pelatihan terlebih dahulu, baru kemudian menunggu dana insentif bulanan cair ke akun mereka.

    Hal ini yang seringkali peserta abaikan sehingga mengakibatkan insentif tidak bisa cair, meski terkadang ada beberapa kendala lain seperti akun rekening bank atau e-wallet belum terverifikasi.

    “Proses pencairan insentif dilakukan maksimal tujuh hari setelah seluruh persyaratan tersebut dipenuhi,” jelas Louisa.

    Namun jika nantinya dana bantuan tidak kunjung cair, peserta bisa melakukan pengaduan melalui situs www.prakerja.go.id/formulir-pengaduan.

    Nantinya akan terdapat form pengaduan yang bisa Anda lengkapi dengan data diri dan pilih kategori pernyataan atau kendala.

    Tidak hanya dana bulanan saja yang bisa Anda dapatkan pasca pelatihan, pemerintah juga memberikan dana bantuan berupa insentif survei keberkerjaan.

    Bagi peserta yang mengisi survei tersebut, nantinya akan ada dana tambahan sebesar Rp 50.000 per survei yang terisi dengan baik.

    Meski begitu survei ini bersifat opsional dan akan berlangsung selama tiga kali, sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan dengan total Rp 150.000.

    Bagi Anda yang sudah lolos Kartu Prakerja, namun masih kebingungan kapan insentif cair? tinggal menunggu update secara otomatis pada akun masing-masing. (GaluhID/Hega)

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    292PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan