Rabu, 23 Juni 2021
Rabu, 23 Juni 2021
BJB

Sumur Bandung di Ciamis Ini Ajaib, Kalau Hujan Surut, Kemarau Penuh

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Sumur Bandung di Dusun Karanganyar, Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis bisa dikatakan aneh bin ajaib. Pasalnya sumur tersebut berbeda dengan sumur biasanya..

Lazimnya, sebuah sumur apabila datang musim penghujan seperti sekarang ini, biasanya airnya akan penuh dan apabila musim kemarau airnya akan surut.

Namun sumur yang satu ini terbalik, apabila datang musim hujan airnya justru surut, tapi ketika musim kemarau airnya bisa penuh

Sumur itu diberi nama sumur Bandung. Sumur tersebut oleh warga sekitar digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-sehari dengan dialirkan menggunakan pipa paralon.

Warga sekitar pun tak tahu kapan sumur tersebut dibangun. Menurut informasi, usianya pun sudah ratusan tahun. Selain aneh bin ajaib, sumur itu pun dikenal angker dan menyimpan sebuah mistis. Bahkan disebut – sebut sebagai tempat mencari pesugihan.

Konon katanya Sumur Bandung ini dijaga oleh dua mahluk gaib berwujud wanita cantik. Kedua mahluk gaib itu adalah seorang ibu dan anak.

Sesepuh setempat atau Kuncen sumur Bandung, Abah Ihin mengatakan, sumur Bandung ini sejak dirinya masih kecil, sudah ada.

“Memang ajaib sumur ini. Sejak Abah masih kecil sumur ini sudah ada. Usianya pun sudah ratusan tahun. Sumur ini menurut cerita Eyang Abah memang jadi-jadian. Tahu-tahu ada dengan sendirinya,” kata Bah Ihin kepada Galuh ID, Rabu (7/10/2020).

Konon ceritanya sumur Bandung ini digeugeuh oleh dua makhluk gaib berwujud wanita cantik.

“Kedua makhluk gaib itu adalah seorang ibu dan anak. Kalau ibunya bernama Nyi Dewi Mayangsari. Untuk nama anaknya sampai sekarang Abah belum mengetahui, ” jelasnya.

Kedua makhluk gaib itu, lanjutnya, tidak pernah mengganggu manusia, hanya saja suka iseng. “Pernah ada orang jauh yang lewat sini menggunakan kendaraan pada malam hari. Eh, tiba-tiba lampu kendaraannya mendadak padam. Tapi keadaan seperti itu tidak berlangsung lama, biasanya setelah lima belas menit, akan kembali hidup lagi. Nah, isengnya hanya sebatas itu saja,” terangnya.

Sumur Bandung Dikunjungi Orang untuk Cari Pesugihan

Ia menuturkan, sumur Bandung ini kerap dijadikan oleh orang-orang tertentu sebagai tempat untuk mencari pesugihan.

“Biasanya di waktu-waktu tertentu, seperti malam jum’at kliwon, bulan Suro, suka ada orang yang duduk di sini, kalau bahasa Sunda mah ‘tatapa’ mencari pesugihan,” jelasnya.

Saat Galuh ID mencoba mendekati area sumur tersebut, aura mistis begitu terasa, bulu kuduk pun terasa berdiri. Selain itu, terlihat ada bekas sesaji dan bekas tempat duduk. (GaluhID/Uus)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
256PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan