Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Susah Cari Hand Sanitizer? Begini Cara Bikin Hand Sanitizer Bahan Alami

Epidemi Covid-19 yang melanda di Indonesia, mengakibatkan berbagai kebutuhan pokok mulai langka, bahkan melesat naik dari harga normal. Tak terkecuali kebutuhan antiseptik pembersih tangan (Hand Sanitizer).

Begini Cara Bikin Hand Sanitizer dari Daun Sirih

Saat ini cairan antiseptik pembersih tangan tersebut menjadi salah satu benda yang sedang banyak diburu masyarakat.

Tak heran jika stok hand sanitizer di sejumlah apotek, toko, hingga pasar swalayan makin menipis, bahkan mengalami kekosongan dalam kurun beberapa hari terakhir.

Di tengah kelangkaan stok hand sanitizer, sejumlah pakar kemudian mencoba untuk mengembangkan cara pembuatan hand sanitizer dari bahan alami.

Salah satunya seperti yang dibuat oleh Dr. Retno Sari, Ketua dari Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

Dr. Retno Sari telah menemukan cara bikin hand sanitizer dari bahan alami. Tentunya, penemuan ini sudah diuji coba oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya.

Tapi jangan khawatir, bahan alami yang dikembangkan oleh Dr Retno Sari untuk pembuatan hand sanitizer ini mudah ditemukan di pasaran. Praktisnya lagi, bisa kalian buat di rumah masing-masing.

Pembuatan hand sanitizer yang banyak digunakan dan beredar di pasaran, dimana bahan aktifnya adalah etanol dengan kadar 70 persen itu sebenarnya mudah pembuatannya.

Hanya saja, bagi masyarakat umum, untuk bisa mendapatkan bahan bakunya (etanol) itu tidak gampang karena ada persyaratan khusus.

Merasa tidak semua orang bisa mendapatkan etanol, Retno kemudian berinisiatif untuk menggunakan bahan lain yang lebih mudah dicari, yakni daun sirih.

Bahkan, hasil penelitiannya sudah ada sejak 2006, dimana pada saat itu sedang santer mewabahnya kasus flu burung. Lalu dia membuat alternatif pembuatan hand sanitizer dari bahan daun sirih.

Pada proses pembuatannya, ia menambahkan bahan lain yang mempunyai efek anti bakteri dan juga untuk mengatasi masalah pada sirih itu sendiri agar hand sanitizer bisa digunakan oleh semua orang.

Untuk membuat hand sanitizer di rumah, bisa dilakukan dengan cara merebus daun sirih. Karena daun sirih ini mudah teroksidasi, saat direbus, warnanya berubah menjadi cokelat.

Guna mencegah oksidasi dari daun sirih pada saat proses perebusan, dapat diatasi dengan menambahkan jeruk nipis.

Kadar daun sirih yang 15 persen ke atas itu sama efektifnya dengan etanol, memiliki kemampuan untuk mengurangi jumlah bakteri.

Meski demikian, masyarakat bisa membuat hand sanitizer dari bahan sirih ini hanya untuk dipergunakan sendiri, bukan untuk diperjual belikan. Karena penggunaanya tidak untuk jangka waktu lama.

Berikut Tips Bikin Hand Sanitizer Mulai dari Bahan dan langkahnya:

Bahan-bahan:
Daun sirih 50 gram
Air 200 ml
Jeruk Nipis

Cara membuat:
Ambil 50 gram daun sirih, kemudian cuci bersih lalu diamkan hingga kering
Setelah kering, daun sirih dipotong-potong kecil.
Didihkan air 200 ml
Tuangkan air panas ke daun sirih yang sudah dipotong-potong kecil
Rendam kemudian steam dalam panci dengan api kecil selama 30 menit
Setelah itu disaring hingga dapat ekstraknya
Tambahkan jeruk nipis
Aduk dan tambahkan air

Agar hasil rebusan daun sirih tidak berwarna, pada saat penyaringan, ditunggu sampai dingin dulu daun sirihnya.

Setelah dingin, masukan jeruk nipisnya ke dalam wadah penyaringan, baru daun sirihnya disaring di situ. Jadi warnanya akan bening.

Nah, jadi kalian tidak perlu panik dengan kelangkaan Hand Sanitizer di pasaran. Kalian bisa bikin sendiri dari bahan daun sirih. Caranya mudah bukan? Selamat mencoba. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Virus Malware untuk Lindungi Data Pribadi

Cara mengatasi virus malware sangatlah diperlukan untuk agar data pribadi Anda aman. Indonesia khususnya terlalu tidak peduli tentang pengetahuan mengenai malware. Karena...

Skincare untuk Wajah Berjerawat, Muka Kembali Mulus

Merawat kulit tak lengkap rasanya jika tidak membahas skincare untuk wajah berjerawat. Masalah jerawat bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada kulit...

Tips Bugar Ala Heri Rafni Kotari di Tengah Pandemi Virus Corona

Berita Ciamis.galuh.id - Direktur Teknik PSGC Ciamis, Heri Rafni Kotari, memberikan beberapat kiat yang diterapkannya untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi virus...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

KESBANGPOL Ciamis Gelar Kegiatan Wawasan Kebangsaan untuk Generasi Muda

Ciamis, galuh.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Ciamis menggelar kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan dan ketahanan bangsa tahun 2018 di salah satu hotel...

Perdebatan Pasca LSI Rilis Survei Elektabilitas Pilkada Ciamis 2018

CIAMIS - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei mereka terkait elektabilitas Pilkada Ciamis pada hari Minggu (14/5/2018). Hasilnya pasangan nomor urut 1, Herdiat...

Kecantikan Wajah Ala Korea Selatan, Intip Rahasianya dari Para Artis Drakor

Untuk mendapatkan kecantikan wajah ala Korea Selatan yang sempurna, para artis di negeri ginseng itu lebih memfokuskan diri pada perawatan ketimbang riasan....

Pesantren KH. Nonop Hanafi, Penggagas Long March Santri Ciamis 212 Terendam Banjir

Jatinagara, galuh.id - Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 Bayasari yang merupakan pesantren KH. Nonop Hanafi, penggagas long march santri Ciamis pada aksi 212 terendam...

Resiko Makanan Pedas Sebabkan Demensia?

Kesehatan, galuh.id - Makanan pedas memang banyak digemari orang. Mengonsumsi makanan yang pedas dapat membangkitkan selera makan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh....