Jumat, 22 Januari 2021
Jumat, 22 Januari 2021
 
 

Tambah Anggaran 3M, Pemkab Optimis Pilkades Ciamis Tetap Digelar

Berita Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis menyatakan optimis akan tetap melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) meskipun dengan anggaran yang tidak sedikit.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Ciamis tidak mungkin lagi untuk undur sampai ketiga kalinya.

”Kita akan tetap melaksanakan Pilkades. Walaupun dengan anggaran yang tidak sedikit,” ucap Herdiat, (12/12/2020).

Untuk itu, perlu kesiapan semua pihak dengan melibatkan semua komponen, baik pemkab, Kecamatan dan desa demi kelancaran pelaksanaan Pilkades.

Kemendagri melalui suratnya meminta Bupati Ciamis untuk melakukan pembatasan jumlah pemilih di TPS (Tempat Pemungutan Suara) maksimal 500 DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Apabila mempedomani surat dari Kemendagri dengan ketentuan 500 DPT per TPS, kata Herdiat, maka butuh dana tambahan sebesar 3M lebih.

”Maka dari itu kami bergerak cepat. Untuk mencari sumber dana dengan melakukan efesiensi anggaran di semua SKPD. Demi terlaksannya pilkades,” tuturnya.

Herdiat pun menjelaskan, untuk kabupaten Ciamis hanya 9 TPS dari 553 TPS yang DPT-nya kurang dari 500. Kebanyakan melebihi surat ketentuan Kemendagri.

SDM Untuk TPS Pilkades Ciamis

Lebih lanjut kata Herdiat, ada beberapa desa yang harus menambah 10 sampai 12 TPS. Setelah melakukan penghitungan, membutuhkan 666 TPS dikali 7 orang per TPS.

”Hal itu tentu perlu penambahan SDM. Dan anggaran yang memadai. Jika sanggup menyiapkan SDM-nya, kami akan siapkan anggarannya,” jelasnya.

Menurut Herdiat, banyak hal-hal yang menjadi pertimbangan apabila Pilkades tidak terlaksana, yang tentunya tidak dapat dihitung dengan uang.

Oleh karena itu, Pemkab Ciamis akan tetap mempedomani surat Kemendagri tersebut, termasuk anjuran untuk mempedomani protokol kesehatan.

”Kasihan para calon kades jika harus ditunda lagi. Maka dari itu dengan cara apapun Pilkades di Ciamis harus tetap terlaksana,” tandasnya.

Sementara itu, Wabup Ciamis Yana D Putra mengatakan, masih ada waktu 7 hari lagi untuk mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk menyiapkan SDM-nya.

Ia pun yakin masyarakat Kabupaten Ciamis dapat melaksanakan Pilkades sesuai dengan waktunya.

”Tentunya dengan sama-sama menyatukan tekad. Sebab tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha,” katanya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Evaluasi PPKM di Ciamis, Penanganan Covid-19 Membaik

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Penanganan Covid-19 Ciamis menggelar rapat evaluasi terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Rapat evaluasi tersebut berlangsung di Sekretariat Satgas...

Parkir Tahunan Ditolak, Ciamis Akan Audensi ke Pemprov Jabar

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis merencanakan adanya retribusi parkir tahunan bagi pemilik kendaraan bermotor. Namun, pemprov Jabar menolak kebijakan itu. Padahal, kebijakan retribusi parkir...

Hari ke-10, Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis Gencar Sosialisasi PPKM

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis gencar melakukan sosialisasi dan edukasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak hari pertama. Sosialisasi dan edukasi tersebut...

Temukan Kami

48,118FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya