oleh

Tangkal Virus Corona, Polres, TNI dan Pemkab Ciamis Gelar Aksi Bersih-bersih Lingkungan

Hubungi
 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Tangkal virus Corona yang saat ini mewabah dan virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Virus ini menyerang sistem pernafasan, menyebabkan pneumenia akut, hingga berakibat pada kematian.

Loading...

Novel Coronavirus atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona ini bisa menyerang siapa saja. Terlebih kepada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Guna mencegah penyebaran virus corona, warga masyarakat Ciamis turun ke jalan untuk melakukan aksi bersih-bersih di sejumlah tempat tempat umum.

Kegiatan bakti sosial ini digagas oleh Polres Ciamis, Kodim 0613, Pemkab Ciamis, serta dukungan berbagai elemen masyarakat lainnya. Dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 14 -15 Maret 2020.

Wakapolres Ciamis Kompol Ari Setyawan menerangkan, salah satu pencegahan efektif untuk menangkal Covid-19 adalah dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lingkungan bersih berdampak pada kesehatan masyarakat, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai sumber penyakit,” terang Ari, Sabtu (14/3/2020.

Kegiatan sosial ini dimulai dari Mapolres Ciamis, yang kemudian dibagi menjadi 4 kelompok untuk ditugaskan membersihkan sejumlah tempat umum.

Kegiatan dilakukan dengan menyisir sejumlah tempat umum di wilayah perkotaan Ciamis yang kerap dikunjungi banyak masyarakat.

Lokasi tersebut diantaranya kawasan Alun-alun Ciamis, Masjid Agung Ciamis, Terminal Ciamis, Stasiun Ciamis dan berbagai tempat umum lainnya.

Dengan berbekal sarung tangan dan peralatan kebersihan, para petugas mulai memungut sampah, menyapu, hingga membuangnya ke armada sampah yang disediakan Dinas Kebersihan.

Ari menerangkan, sampah merupakan salah satu potensi sumber penyakit. Dengan terciptanya kebersihan lingkungan, kesehatan masyarakat dapat terjaga.

“Kalau sehat kan kekebalan tubuh juga meningkat. Jadi, masyarakat tak mudah kena penyakit sekaligus tangkal virus corona ini,” terang Ari, di halaman Stasiun Ciamis, usai kegiatan bakti sosial.

Memasuki musim hujan, diakuinya, bukan hanya wabah virus corona saja yang perlu diwaspadai. Akan tetapi, penyakit demam berdarah (DBD) pun harus menjadi perhatian.

“DBD itu penyebabnya nyamuk yang berasal dari genangan air kotor. Untuk itu, penting bagi kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Ari juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat Ciamis untuk membudayakan bersih lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS). (GaluhID/Evi)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA