Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Tangkal Virus Corona, Polres, TNI dan Pemkab Ciamis Gelar Aksi Bersih-bersih Lingkungan

Berita Ciamis, galuh.id – Tangkal virus Corona yang saat ini mewabah dan virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Virus ini menyerang sistem pernafasan, menyebabkan pneumenia akut, hingga berakibat pada kematian.

Novel Coronavirus atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona ini bisa menyerang siapa saja. Terlebih kepada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Guna mencegah penyebaran virus corona, warga masyarakat Ciamis turun ke jalan untuk melakukan aksi bersih-bersih di sejumlah tempat tempat umum.

Kegiatan bakti sosial ini digagas oleh Polres Ciamis, Kodim 0613, Pemkab Ciamis, serta dukungan berbagai elemen masyarakat lainnya. Dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 14 -15 Maret 2020.

Wakapolres Ciamis Kompol Ari Setyawan menerangkan, salah satu pencegahan efektif untuk menangkal Covid-19 adalah dengan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Lingkungan bersih berdampak pada kesehatan masyarakat, sehingga dapat mencegah munculnya berbagai sumber penyakit,” terang Ari, Sabtu (14/3/2020.

Kegiatan sosial ini dimulai dari Mapolres Ciamis, yang kemudian dibagi menjadi 4 kelompok untuk ditugaskan membersihkan sejumlah tempat umum.

Kegiatan dilakukan dengan menyisir sejumlah tempat umum di wilayah perkotaan Ciamis yang kerap dikunjungi banyak masyarakat.

Lokasi tersebut diantaranya kawasan Alun-alun Ciamis, Masjid Agung Ciamis, Terminal Ciamis, Stasiun Ciamis dan berbagai tempat umum lainnya.

Dengan berbekal sarung tangan dan peralatan kebersihan, para petugas mulai memungut sampah, menyapu, hingga membuangnya ke armada sampah yang disediakan Dinas Kebersihan.

Ari menerangkan, sampah merupakan salah satu potensi sumber penyakit. Dengan terciptanya kebersihan lingkungan, kesehatan masyarakat dapat terjaga.

“Kalau sehat kan kekebalan tubuh juga meningkat. Jadi, masyarakat tak mudah kena penyakit sekaligus tangkal virus corona ini,” terang Ari, di halaman Stasiun Ciamis, usai kegiatan bakti sosial.

Memasuki musim hujan, diakuinya, bukan hanya wabah virus corona saja yang perlu diwaspadai. Akan tetapi, penyakit demam berdarah (DBD) pun harus menjadi perhatian.

“DBD itu penyebabnya nyamuk yang berasal dari genangan air kotor. Untuk itu, penting bagi kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Ari juga mengajak kepada seluruh warga masyarakat Ciamis untuk membudayakan bersih lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS). (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...