Minggu, 7 Maret 2021
Minggu, 7 Maret 2021
 
 

Tarik Investor ke Ciamis, Bupati Herdiat Janji Perbaiki Layanan Birokrasi

Ciamis, galuh.id – Kurangnya akses dan buruknya layanan birokrasi di Kabupaten Ciamis, membuat investor enggan menanamkan modal. Hal itu disampaikan Herdiat Sunarya pada Bursa Inovasi Desa Zona III Ciamis di Gedung Dakwah Cikoneng, Kamis (01/08/2019)

Menyikapi permasalahan tersebut, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berjanji dalam 5 tahun ke depan akan memperbaiki layanan birokrasi dan menarik investor sebanyak-banyaknya ke Ciamis.

“Sampai saat ini, hanya 1,1 persen investor yang menanamkan modal di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Hal ini menyebabkan industri tak berkembang dan sulitnya lapangan pekerjaan,” katanya pada sambutan Bursa Inovasi Desa Zona III Ciamis.

Langkah selanjutnya untuk menarik investor ke Ciamis, kata Herdiat, pihaknya akan mempermudah perizinan.

“Ini yang menjadi hambatan, ke depannya pelayanan harus cepat, tepat, mudah, murah dan ramah. Bila perlu untuk retribusi itu bisa digratiskan,” paparnya.

Sementara Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ciamis sudah menerapkan sistem OSS (Online Single Submission) untuk pembuatan perizinan. Tujuannya untuk menarik investor dari luar daerah ke Ciamis

“Sekarang mengurus perizinan sudah bisa secara online, tujunnya untuk memangkas waktu dan birokrasi dalam proses perizinan usaha. OSS sendiri merupakan sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik dengan seluruh kementerian maupun lembaga negara hingga Pemerintah Daerah (Pemda) di Indonesia,” terang Kepala Bidang Pelayanan Perizinan, Agus Yani.

Ditambahkannya, jika perusahaan sudah terdaftar di OSS dan memiliki NIB (Nilai Induk Berusaha) maka bisa langsung mendapatkan izin lokasi.

“Hanya saja, masih diperlukan komitmen dari pelaku usaha tentang kesepakatan-kesepakatan yang diperlukan, karena itu kami mengadakan Rapat Teknis,” tambahnya. (Galuh.id/Dede)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Harga Cabe Rawit di Pasar Banjarsari Ciamis Pedas, Capai Rp 110 Ribu/kg

Berita Ciamis, galuh.id - Harga cabe rawit merah di pasar Banjarsari Ciamis terasa pedas sekali tembus capai Rp 110 ribu per kilo. Salah seorang pedagang...

DPC Demokrat Ciamis Tolak Hasil KLB di Sibolangit, Tetap Setia ke AHY

Berita Ciamis, galuh.id - Sekretaris DPC Partai Demokrat Ciamis Anjar Asmara menyatakan menolak hasil KLB yang berlangsung di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Sebab pelaksanaan...

Operasi Yustisi Tingkatkan Kesadaran Prokes Warga Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Operasi yustisi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Sekda Ciamis Tatang mengatakan tingkat kepatuhan masyarakat...

Temukan Kami

47,905FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya