Jumat, 7 Agustus 2020
Jumat, 7 Agustus 2020
 
 

Tempat Penyembelihan Ayam di Ciamis Harus Bersertifikat Juleha

Ciamis, galuh.id – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis menyarankan agar Tempat Penyembelihan Ayam di Ciamis harus memiliki juru sembelih yang bersertifikat halal atau Juleha (Juru Sembelih Halal) yang didapat melalui pelatihan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Kami dari dinas memiliki program pelatihan setiap tahun untuk Juru Sembelih Halal yang melibatkan MUI, agar pada saat penyembelihan hewan sesuai dengan syariat agama serta penyembelihan yang benar dan dijamin halal,” ujar Sekertaris Dinas Peternakan dan Perikanan H Otong Bustomi kepada Galuh ID, Selasa (16/7/2019).

Di Kabupaten Ciamis, kata Otong, sudah ada rumah potong ayam yang memiliki Juleha diantaranya di Wilayah Panumbangan, Cihaurbeuti, Cikoneng dan Ciamis. Namun, masih banyak Tempat Penyembelihan Ayam (TPA) yang belum memiliki sertifikat Juleha. Padahal sertifikat halal tersebut berguna untuk meminimalisir penyembelihan yang tidak benar dan tidak bersyariat agama.

“Masih banyak Tempat Penyembelihan Ayam di Ciamis yang tukang potong ayamnya belum memiliki sertifikat dari MUI, karena itu sangat penting untuk penyembelihan harus sesuai syariat Islam agar daging yang dikonsumsi mayarakat benar-benar halal,” tuturnya.

Pihaknya akan terus berupaya mengawasi Tempat Penyembelihan Ayam untuk melayani masyarakat, agar daging yang akan dikonsumsi masyarakat merupakan daging yang sehat dan penyembelihannya benar sesuai dengan syariat agama.

“Kami akan terus berusaha melayani masyarakat, agar ayam yang disembelih oleh TPA dengan cara yang sehat dan benar, serta sesuai syariat agama,” ucapnya. (galuh.id/Arul)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pasar Minggu BMX Dibuka Lagi Khusus Pedagang Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Banyak yang bertanya kapan dibukanya Pasar Minggu BMX yang selama ini ditutup karena pandemi Covid-19.

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id - Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Mantan Sekda Ciamis Dilantik Jadi Staf Ahli, Ini Pesan Bupati

Berita Ciamis, galuh.id - Mantan Sekda (Sekertaris Daerah) Kabupaten Ciamis Asep Sudarman dilantik menjadi Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ciamis.

Temukan Kami

49,165FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 Series ‘Wah’ dengan Spesifikasi Unggul

Harga HP Samsung Galaxy Note 20 series resmi diumumkan melaui akun Youtube Sasmsung resminya. Galaxy Unpacked ini digelar 5 Agustus 2020 kemarin.

HP Oppo Reno 4 Resmi Dirilis di Indonesia, Dilengkapi Fitur Kamera Luar Biasa

HP Oppo Reno 4 yang dinantikan akhirnya sudah bisa dipesan melalui marketplace Indonesia. Smartphone ini telah dipromosikan selama satu bulan lalu tepatnya...

Europa League, Dua Wakil Inggris Melaju ke Perempat-Final

Berita Olahraga, galuh.id - Europa League musim 2019/2020 yang kembali berlanjut pasca diberhentikan akibat mewabahnya Covid-19, klub asal Inggris mendominasi konsisten perempat-final.

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 yang Membuat Ngiler

Spesifikasi HP Samsung Galaxy Note 20 kini banyak dicari. Hal ini dikarenakan Samsung baru saja merilis ponsel terbarunya pada 5 Agustus 2020,...