oleh

TPT Ambruk, 1 Rumah di Desa Cibadak Ciamis Terancam Roboh

Hubungi
 
 

TPT Ambruk, 1 Rumah di Desa Cibadak Ciamis Terancam Roboh

Berita Ciamis, galuh.id – Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun Wanayasa, RT 1, RW 1, Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis ambruk. Akibat ambruknya TPT tersebut, satu rumah milik warga setempat terancam terseret longsor.

Rumah yang terancam longsor tersebut diketahui milik Parman (60). Warga Dusun Wanayasa yang tinggal bersama istrinya.

Loading...

Kepala Dusun Wanayasa, Khaerul Anam mengatakan, ambruknya TPT terjadi saat hujan deras seharian hingga malam.

“Pada hari Rabu kemarin wilayah Banjarsari diguyur hujan seharian hingga malam, yang membuat debit air anak sungai Cikaso tinggi,” ujarnya kepada Galuh ID, Senin (9/3/2020).

Akibatnya, TPT yang berdiri di tanah Dinas Peternakan Kabupaten Ciamis ambruk pada Kamis (5/3/2020) sekitar pukul 05.00 WIB.

“Akibat dari Ambruknya TPT tersebut, salah satu rumah milik Parman (60) terancam roboh,” terangnya.

Dia berharap dinas terkait segera memperbaikinya. Sebab apabila tidak segera diperbaiki dikhawatirkan rumah warga bisa roboh.

“Saya atas nama Pemerintah Desa Cibadak meminta kepada Dinas terkait, agar segera memperbaikinya. Karena apabila tidak segera diperbaiki, gerusan air sungai akan mengancam pondasi rumah. Apalagi kalau debitnya tinggi, bisa-bisa rumah pak Parman roboh”, ucapnya.

Sementara itu UPTD Dinas Peternakan wilayah Banjarsari bagian Lapangan, Misno, mengatakan, pihaknya setelah mendapat laporan dari warga langsung meneruskan laporan tersebut ke Dinas Peternakan.

“Setelah saya laporkan ke Dinas, pada saat itu juga di waktu jam kerja, Dinas Peternakan yang membidanginya langsung datang pada saat itu juga,” jelas Misno saat dihubungi via telepon.

Misno menambahkan, berdasarkan nformasi yang diterimanya perbaikan TPT dalam waktu dekat akan segera dikerjakan.

“Karena ini sifatnya bencana tentunya ini akan diprioritaskan dalam waktu dekat,” ucapnya. (GaluhID/Uus)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA