Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Trik Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan dan Berkualitas

Galuh.id – Dalam pembelajaran di kelas, guru memiliki tugas utama untuk mengantarkan peserta didik pada prestasi terbaik sesuai dengan potensinya. Ada sejumlah trik menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan berkualitas di kelas untuk para guru.Hal pertama yang perlu dipahami guru adalah bagaimana memahami dan mengembangkan karakteristik sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh peserta didik.

Untuk menciptkanan pembelajaran yang menyenangkan, pemahaman guru terhadap peserta didik secara individu sangat diperlukan dalam pembelajaran di kelas. Mengingat peserta didik adalah subjek yang akan dibelajarkan guru membutuhkan rangsangan motivasi agar dapat belajar dengan baik yang memiliki kepribadian tekun, bekerja keras, disiplin dan kreatif serta menyenangkan.

Tentunya pemahaman guru terhadap perkembangan peserta didik sangat penting sebagai bahan untuk mempertimbangkan bantuan yang tepat sesuai dengan tahap dan tugas-tugas perkembangan anak dan keragaman karakteristik individu.

Jika guru menemukan permasalahan di kelas dalam memahami tingkah laku peserta didik yang beragam, hendaknya guru memahami karakteristik individu peserta didik sebagai bagian dari karakteristik yang unik. Guru juga tidak bisa menyamakan karakteristik setiap individu satu sama lainnya.

Berikut ini adalah beberapa trik menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan berkualitas yang dapat dilakukan guru di kelas:

1.Pahami karakteristik perilaku dan kemampuan anak

Pahami karakteristik perilaku dan kemampuan anakpada tahap perkembangan usia sekolah, seperti mengetahui dan memiliki catatan peserta didik yang perkembangannya lambat, normal atau cepat.

Selain itu guru mengetahui peserta didik yang memiliki hambatan penguasaan keterampilan, kemampuan, perilaku sesuai dengan tugas-tugas perkembangannya dan faktor-faktor penyebabnya, serta bantuan yang harus diberikan kepada peserta didik.

2.Rancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman karakteristik peserta didik

Setelah memahami karakteristik perilaku dan kemampuan anak, selanjutnya guru memahami materi-materi yang tepat diberikan kepada peserta didik, termasuk memilih pendekatan, metode, teknik, dan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik. Dengan demikian, guru merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan keragaman karakteristik peserta didik.

3. Pahami bahwa setiap individu berbeda satu dengan yang lain

Sangat penting bagi guru untuk memahami bahwa setiap individu berbeda satu dengan yang lain. Oleh karena itu tidak dapat diharapkan peserta didik akan memberikan reaksi yang sama kepada rangsangan lingkungan yang sama.

Misalnya peserta didik yang pemalu akan berbeda dengan peserta didik yang percaya diri dalam bereaksi. Selain itu guru tidak dapat mengharapkan hasil yang sama dari peserta didik dengan perkembangan usia yang sama dan tingkat kecerdasan yang sama.

Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan individualitas dalam pembelajaran di samping pembelajaran secara klasikal atau kelompok.

4. Ciptakan iklim belajar-mengajar yang kondusif

Guru perlu menciptakan iklim belajar-mengajar yang kondusif bagi pertumbuhan pribadi peserta didik agar setiap individu dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Bimbing peserta didik untuk menguasai berbagai keterampilan dan kemampuan sesuai dengan tugas dan tahap perkembangannya.

Laksanakan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik belajar bergaul, bekerja sama, dan nilai-nilai moral untuk mengembangkan kepribadiannya. Selain itu, jangan lupa beri peserta didik motivasi agar melakukan apa yang diharapkan dari mereka oleh kelompok sosial pada masa usia sekolah.

Sejumlah trik menciptakan suasana belajar di atas dapat dijalankan oleh guru untuk membuat pelajaran jadi lebih menyenangkan dan terutama lebih berkualitas untuk para peserta didik di kelas. (galuh.id/Yanyan)

Penulis: Yanyan Iskandar

Aktif mengajar di SD Negeri 3 Langkapsari. Pernah ditunjuk sebagai Instruktur Nasional Guru Pembelajar dan Instruktur Nasional Program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB).

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

FKR-4 Priangan Timur Gelar The Big Reunion di Tasikmalaya

Berita Tasikmalaya, galuh.id - FKR-4 Priangan Timur gelar acara silaturahmi akbar bertitel The Big Reunion bertempat di Saung Sambal Hejo Tasikmalaya, Sabtu...

Izin Legalitas Produk UMKM di Ciamis Harus Cepat, Mudah, dan Murah

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta agar pengurusan atau izin legalitas produk UMKM bisa dikeluarkan bagi pelaku...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...