Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:21
Minggu, 24 Oktober 2021
More
    BJB

    Upaya Bupati Kunjungi Kemendagri Kandas, Pilkades Ciamis Tetap Ditunda

    Berita Ciamis, galuh.id – Upaya Bupati kunjungi Kemendagri agar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Ciamis tetap dilaksanakan, kandas. Pilkades Ciamis tetap ditunda.

    Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M., langsung bereaksi setelah menerima surat dari Menteri Dalam Negeri nomor 14/4528/SJ.

    Surat dari Menteri Dalam Negeri Tanggal 10 Agustus 2020 yang ditujukan pada kepala daerah berisi tentang permintaan penundaan Pilkades.

    “Kasihan pada calon kalau ditunda, justru kalau ditunda lagi perhitungan kita malah lebih rawan,” jelas Herdiat, Selasa (11/8/2020).

    Menurut Herdiat, sebelumnya banyak para calon Kades yang mengadu agar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dapat secepatnya dilaksanakan.

    Pelaksanaan Pilkades serentak di Ciamis hanya tinggal menghitung hari yaitu akan digelar pada 15 Agustus 2020.

    Dengan adanya surat dari Menteri Dalam Negeri tentang penundaan Pilkades serentak membuat Herdiat melakukan upaya agar Pilkades tetap dilaksanakan.

    Selain melayangkan surat pada Menteri Dalam Negeri, Herdiat juga langsung bertolak ke Jakarta menuju Kementerian Dalam Negeri.

    Bupati kunjungi Kemendagri sebagai upaya agar agar Pilkades di Ciamis tetap berlangsung, sesuai dengan harapan para calon dan juga panitia.

    Alasan Urusan Nasional Pilkades Ciamis Tetap Ditunda

    Upaya Bupati Ciamis kunjungi Kemendagri dalam upaya agar Pilkades serentak di Ciamis tetap digelar tidak membuahkan hasil.

    Karena alasan urusan nasional Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian tetap tidak mengijinkan pelaksanaan Pilkades.

    “Hasil tetap tidak boleh keputusan Mendagri, karena ada hal lain yang lebih penting menyangkut urusan Nasional,” jelas Herdiat.

    Sementara itu Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra melalui video conference mengumumkan Pilkades serentak di Ciamis ditunda.

    “Dengan berat hati Pilkades serentak yang seyogyanya akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2020 ditunda setelah Pilkada serentak,” ucap Yana.

    Yana juga berpesan pada seluruh Camat agar menyampaikan pada seluruh PJS desa yang akan menyelenggarakan Pilkades.

    Yana juga menyampaikan untuk surat resmi akan dikirim esok hari karena Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya, M.M, masih dalam perjalanan.

    “Secara resmi Pemkab Ciamis akan berkirim surat esok, sekarang Bapak Bupati masih dalam perjalanan pulang dari Jakarta menuju Ciamis,” pungkasnya. (GaluhID/Ardiansyah)

    Loading...

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    292PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan