Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

UPTD KLK Kabupaten Ciamis Gelar Pelatihan Kerja

Ciamis, galuh.id – UPTD Kursus Latihan Kerja (KLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis menggelar pelatihan kerja selama 20 hari, untuk masyarakat Ciamis di kantor Balai Pelatihan Kerja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Rabu (20/03/2019).

Yudy Hendriana, S.IP Plt. Kepala UPTD Kursus Latihan Kerja menyampaikan ada 87 paket pelatihan, diantaranya pelatihan service sepeda motor, pelatihan tata rias, pelatihan menjahit, pelatihan processing hasil pertanian, pelatihan bordir, pelatihan komputer, pelatihan budidaya jamur tiram dan pelatihan budidaya ikan lele. Satu paket pelatihan tersebut diikuti oleh 16 orang

“Mengenai pelatihan yang diselenggarakan, ini merupakan program dari Balai pelatihan Kerja provinsi, pihak kami (UPTD, red) hanya melaksanakan sebagai teknis di lapangan,” ujarnya.

Menurut Yudi, antusias masyarakat sangat luar biasa, sehingga UPTD KLK harus melakukan seleksi peserta yang bisa mengikuti pelatihan kerja.

“Pelatihan ini dibiayai oleh pemerintah, peserta difasilitasi juga baju pelatihan kerja, makan satu kali sehari dan uang transportasi, peserta juga tidak dipungut biaya alias gratis,” kata Yudy.

Selama pelatihan kerja diadakan, kata Yudi, sudah banyak alumni peserta pelatihan yang saat ini sudah bekerja di perusahaan bahkan ada yang sudah membuka usaha sendiri. “Ini merupakan progres yang baik untuk menurunkan angka tingkat pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Peserta yang mengikuti pelatihan kerja ini berasal dari berbagai daerah di 27 kecamatan se-Kabupaten Ciamis. Selama setahun UPTD sudah melaksanakan 9 kali pelatihan.

Lanjut Yudi, masyarakat Ciamis yang ingin mengikuti pelatihan kerja, bisa datang langsung ke kantor Balai Kursus Latihan Kerja, di jalan raya Cijantung No. 24 Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing. “Syaratnya cukup bawa KTP dan kalau ada ijazah bawa ijazahnya, kalau nggak ada, KTP serta foto ukuran 3×4 aja sudah cukup,” terangnya.

Yudi juga menambahkan, pada tahun 2019 peserta pelatihan mengalami peningkatan, menurut Yudi hal tersebut merupakan sebuah prestasi sendiri.

Selanjutnya Yudy berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis lebih memperhatikan bangunan kantor Balai Pelatihan Kerja yang saat ini cukup memprihatinkan, atap kantor sudah dipasang penyangga bambu, tembok pun sudah retak.

Kondisi Kantor UPTD Kursus Latihan Kerja (KLK) Kabupaten Ciamis dijalan raya Cijantung-Cijeungjing yang cukup memprihatinkan

“Inginnya ke depan kantor Balai Pelatihan Kerja disediakan mess dan tempat pelatihan yang lebih luas, sehingga bisa menampung lebih banyak peserta, peserta pun bisa menginap dan fokus untuk mengikuti pelatihan,” pungkasnya.

Sementara Ayu Yulia (19) peserta pelatihan asal Desa Handapherang mengatakan sangat senang bisa mengikuti pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh UPTD KLK.

“Saya mengikuti pelatihan menjahit untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang menjahit yang bagus dan benar agar nantinya bisa membuka usaha menjahit sendiri,” ujar Ayu. (galuh.id/Arul)

K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,360FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.