Senin, 1 Maret 2021
Senin, 1 Maret 2021
 
 

Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Untuk Nakes di Ciamis, Kemenkes Terbitkan Edaran

Berita Ciamis, galuh.id – Wabup Ciamis Yana D Putra mengikuti rakor virtual akselerasi capaian vaksinasi Covid-19 dengan Kemenkes, Senin (15/2/2021). Hal ini persiapan vaksinasi Covid-19 tahap 2.

Seluruh Kabupaten/Kota serta Dinas Kesehatan di Indonesia mengikuti rapat koordinasi tersebut.

Wakil Menteri Kesehatan (Menkes), Dante Saksono Harbuwono, mengatakan ada 4 pokok pembahasan yang akan ia sampaikan dalam rakor tersebut.

Yaitu perkembangan capaian vaksinasi, strategi tunda/batal vaksin, rencana vaksinasi tahap dua dan percepatan pelacakan kontak.

Periode vaksinasi tahap kedua akan segera mulai. Oleh karena itu, ia menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk secepatnya menyelesaikan vaksinasi pada SDM kesehatan.

“Targetnya 1.46 juta SDM Kesehatan sudah menerima dosis kedua vaksinasi sebelum 21 Februari 2021. Kemudian lanjut ke tahap berikutnya,” ucapnya.

Lanjut Dante, Kemenkes mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan vaksinasi pada sasaran kelompok lansia, komorbid, penyintas Covid-19 serta sasaran tunda.

Kebijakan tersebut berdasarkan BPOM dan rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Menurutnya, rekomendasi ITAGI membuka kesempatan lebih banyak orang untuk menjalani vaksinasi.

”Diantaranya kelompok lansia, komorbid, penyintas Covid-19 jika sudah sembuh lebih dari 3 bulan dan ibu menyusui,” jelas Dante.

”Sehingga 86 persen peserta yang batal. Atau tunda vaksin. Masih mungkin menerima vaksinasi (dengan konfirmasi ulang),” sambungnya.

Dengan keluarnya rekomendasi pemberian vaksinasi pada lansia atau di atas 60 tahun, maka pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap 2 bersama petugas publik.

Sementara itu, Wabup Ciamis Yana D Putra menjelaskan vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Ciamis baru tahap pertama.

Rencananya, penyuntikan vaksin Covid-19 tahap kedua untuk nakes pada hari Selasa 16 februari 2021.

“Vaksinasi untuk nakes tinggal satu tahapan lagi. Kami beserta forkopimda dan nakes yang 14 hari lalu telah divaksin akan kembali suntik vaksin esok hari,” ungkapnya.

Dalam rakor vitual tersebut, turut hadir mendampingi Wabup Ciamis yakni Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Ciamis dan Kepala BPBD Ciamis. (GaluhID/Evi)

Editor : Evi

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Tersapu Angin Kencang, Puluhan Rumah di Pamarican Ciamis Rusak

Berita Ciamis, galuhi.id - Hujan deras serta angin kencang dan petir di Pamarican Ciamis pada Sabtu (27/2/2021) sore mengakibatkan puluhan rumah rusak. FK Tagana Ciamis...

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id - Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda. Berada di atas ketinggian Dusun...

PKH Shop di Ciamis Menjadi Salah Satu Upaya Untuk Lebih Mandiri

Berita Ciamis, galuh.id - PKH Shop di Ciamis merupakan salah satu upaya Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Ciamis untuk menjadikan KPM PKH lebih mandiri. Keluarga...

Temukan Kami

47,927FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya