Senin, 26 Juli 2021
Senin, 26 Juli 2021
BJB

Wakil Bupati Ciamis Sosialisasi AKB di Panjalu dan Panumbangan

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengunjungi Pasar Panjalu dan Panumbangan sekaligus melakukan sosialisasi AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru), Rabu (29/7/2020).

Pada kunjungan tersebut Yana bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ciamis meninjau penerapan protocol kesehatan pada aktivitas pedagang dan pengunjung.

Pada sambutannya, Yana menyampaikan tentang kebiasaan hidup yang mulai kembali normal, namun bedanya harus dengan menerapkan protocol kesehatan Covid-19.

“Kita menuju kehidupan normal, tapi saat keluar harus menggunakan masker, tetap jaga jarak, cuci tangan pada air yang mengalir,” jelasnya.

Selain itu Yana mengingatkan untuk membawa hand sanitizer saat berpergian, untuk jaga-jaga sebelum cuci tangan.

Kemudian Yana juga menyampaikan terkait dengan protocol kesehatan di pasar, itu sudah diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) dan regulasi.

Permenkes dan regulasi daerah masing-masing tersebut harus bisa ditaati oleh pengelola, pedagang, pekerja serta pembeli.

Pasar menurut yang merupakan salah satu tempat yang rentan terhadap penyebararan Covid-19, sehingga sangat penting penerapan protocol kesehatan.

Sosialisasi AKB Seluruh Pasar di Ciamis

Wakil Bupati Ciamis menyampaikan kegiatan sosialisasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) akan dilakukan di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Ciamis.

Karena menurut Yana, banyaknya pengunjung, pedagang dan pekerja yang saling berinteraksi satu sama lain sangat riskan dalam penyebaran Covid-19.

“Lokasi pasar dipilih untuk sosialisasi karena pasar paling rentan penyebaran Covid-19, banyak aktivitas yang saling interaksi satu sama lainnya,” jelasnya.

Yana menegaskan, warga yang keluar rumah atau melakukan kegiatan di ruang public harus atau wajib menggunakan masker.

Bahkan saat sosialisasi Yana tidak sungkan menegur warga yang tidak menggunakan masker, sekaligus memberikan masker agar langsung digunakan.

Selain memberikan edukasi pentingnya penerapan protocol kesehatan, Yana juga turut memberikan masker pada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Pasar-pasar yang berada di Ciamis akan diadakan sosialisasi sekaligus meninjau penerapan protocol kesehatan saat memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Sosialisasi AKB dan penerapan protocol kesehatan memasuki akan dilakukan pada pasar-pasar yang tersebar di Ciamis,” pungkas Wakil Bupati Ciamis. (GaluhID/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan