Sabtu, 19 Juni 2021
Sabtu, 19 Juni 2021
BJB

Wakil Bupati Ciamis Tinjau Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meninjau langsung penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Ciomas Kecamatan Panjalu.

Penyaluran BLT –DD tersebut dilaksanakan pada Hari Kamis (21/5/2020) di Aula Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.

Bantuan tersebut berasal dari Dana Desa (DD), dan diperuntukan untuk warga yang membutuhkan serta terdampak Covid-19.

Pada penyaluran tersebut, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dalam sambutannya menyampaikan bahwa BLT-DD tersebut harus tepat sasaran.

“Dalam menentukan kriteria atau standar penerima BLT-DD harus objektif tidak ada unsur kedekatan atau apapun,” tegas Yana.

Yana menjelaskan salah satu kelemahan pada tingkat Nasional maupun kabupaten belum memiliki data yang dinamis atau update.

“Penerima bantuan masih menggunakan data statis, dan masih menggunakan data dari pendataan Tahun 2015,” jelas Yana.

Kabupaten Ciamis Harus Ada Perbaikan Data Penerima Bantuan

Yana menyampaikan khusus untuk tingkatan Kabupaten, akan diadakan database yang dinamis terkait masyarakat miskin, dan harus update.

“Nantinya Kabupaten Ciamis harus memiliki database yang dinamis, dan update minimal satu tahun 1 kali,” tambah Yana.

Sehingga Yana menambahkan, ke depannya akan mempermudah menentukan atau menargetkan sasaran penerima bantuan dan pemberian bantuan social.

Sedangkan untuk BLT-DD saat ini, menurut Yana melibatkan Ketua RT dan Ketua RW dan diambil sekitar 2-3 minggu yang lalu.

Tidak lupa Wakil Bupati Ciamis menyampaikan ucapan terima kasih pada Ketua RT dan Ketua RW  dan perangkat desa atas partisipasinya.

Karena menurut Yana, Ketua RT dan Ketua RW serta perangkat desa telah berjuang melakukan pengecekan warganya sebagai penerima BLT-DD.

“Para Ketua RT dan RW serta perangkat desa sangat berperan dalam menentukan penerima bantuan, terima kasih atas perjuangannya,” ucap Yana.
Tidak lupa pada akhir sambutannya, Yana menghimbau pada warga masyarakat agar senantiasa menerapkan protocol kesehatan.

“Selalu perhatikan physical distancing atau jaga jarak pada setiap aktifitas, dan terapkan protocol kesehatan,” pungkas Wakil Bupati Ciamis. (GaluhID/Ardiansyah)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan