oleh

Warga Ciamis Bisa Tunda Perpanjangan SIM Sampai Bebas Wabah Corona

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Bagi warga yang SIM masa berlakunya habis, biasanya bila seminggu sebelumnya tak memperpanjang maka harus membuat SIM baru.

Kini warga Ciamis mendapat keringanan dari Unit Regident Satlantas Polres Ciamis dengan mempermudah sejumlah pelayanan untuk perpanjangan SIM dan pajak satu tahun STNK.

Kebijakan tersebut diambil mengingat kondisi saat ini sebagai upaya meringankan beban masyarakat di tengah wabah Covid-19.

“Kebijakan Korlantas, SIM mati, pada situasi saat ini bisa perpanjangan SIM nanti setelah keadaan normal yang dinyatakan pemerintah,” ujar Kanit Regident Satlantas Polres Ciamis Ipda Trias Karso Yuliantoro, Kamis (2/4/2020).

Menurutnya, bagi warga yang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) habis, tak perlu diperpanjang saat habis. Dia melanjutkan, memang harusnya baru tapi ada kebijakan.

Namun, Unit Regident juga tetap melakukan pelayanan bila warga akan membuat atau memperpanjang SIM tepat waktu.

Trias menuturkan, hal itu asal dengan mengutamakan prosedur dengan bilik antiseptik (antiseptic chamber).

Serta menyediakan cuci tangan, hand sanitizer, cek suhu tubuh serta memberlakukan duduk sambil jaga jarak.

Sementara itu, untuk pelayanan SIM dan pelayanan STNK di Samsat jam operasionalnya dikurangi dari pukul 08.00 sampai pukul 13.00 WIB.

Sedangkan untuk pelayanan STNK, warga yang akan memperpanjang pajak tahunan STNK disarankan menggunakan e-Samsat, kecuali untuk pajak 5 tahunan.

Dengan adanya program tripel untung sebelum wabah Covid-19, warga juga bebas denda pajak tahunan pada bulan Maret dan April.

Pembayaran bisa dilakukan setelah 1 bulan ke depan tanpa adanya denda pajak.

“Dengan kondisi saat ini ada penurunan yang bayar pajak, mencapai angka sekitar 40 persen. Hal itu termasuk dengan registrasi leasing juga turun,” tandasnya. (GaluhID/Maulana)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA