Rabu, 16 Juni 2021
Rabu, 16 Juni 2021
BJB

1 Pasien Positif Covid-19 Isolasi Perdana di Asrama Haji Ciamis

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Asrama Haji Ciamis yang resmi menjadi tempat isolasi terpusat sudah mulai digunakan. Tempat isolasi itu kini sudah ada pasien Covid-19.

Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Ciamis, Eni Rochaeni, menyampaikan ada satu pasien terkonfirmasi positif yang masuk ruang isolasi terpusat.

Pasien berjenis kelamin laki-laki yang baru pulang kerja dari laut. Sebelum pulang, pasien itu ditest swab oleh perusahaan tempatnya bekerja, hasilnya positif Covid-19.

“Ya tadi malam ada pasien positif Covid-19 berdomisili di Banjarsari,” ucapnya, Minggu (17/1/2020).

Ia menerangkan, pihak keluarga pasien datang ke tempat isolasi, menyampaikan bahwa pasien ingin menjalani isolasi di tempat khusus milik pemda.

Setelah melakukan koordinasi, tim Satgas Covid-19 kabupaten Ciamis pun langsung menyiapkan tempat.

Untuk pasien sendiri, kata Eni, pihak perusahaan tempat pasien bekerja yang mengantarkan ke tempat isolasi terpusat Asrama Haji.

“Dari hasil pemeriksaan swab positif gejala ringan. Anosmia atau hilang penciuman,” jelasnya.

Eni menyebut, sejauh ini baru pertama kali ruang isolasi terpusat gunakan untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurutnya, pasien terkonfirmasi positif dengan gejala sedang bisa menggunakan Asrama Haji Ciamis ketika tidak mempunyai tempat untuk isolasi mandiri di rumahnya.

”Bisa langsung melakukan koordinasi dengan Satgas kabupaten untuk menjalani perawatan di isolasi terpusat milik pemda,” jelasnya.

Apabila tidak ada tempat untuk isolasi di daerah pelosok, pemkab Ciamis pun sudah menyiapkan.

Pihak keluarga hanya harus berkoordinasi dengan pihak desa dan Puskesmas setempat, lalu akan ada petugas yang menjemput.

Ia pun berpesan kepada masyarakat kabupaten Ciamis untuk terus ikut serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Yakni dari mulai menggunakan masker saat keluar rumah, mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

“Masyarakat harus menerapkan PHBS. Menjalankan 3M. Olahraga serta minum vitamin. Guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (GaluhID/Aldi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan