Rabu, 16 Juni 2021
Rabu, 16 Juni 2021
BJB

21 Paket Pelatihan Wirausaha Untuk Anak Muda di Ciamis

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis mulai menyiapkan 21 paket pelatihan bagi masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Ciamis, Asep Dedi, mengatakan pada bulan Februari pihaknya menyiapkan sebanyak 21 paket pelatihan bagi pemuda yang siap berwirausaha.

“Pada Februari kami menyiapkan sebanyak 21 paket pelatihan untuk masyarakat dan pemuda di Ciamis yang siap berwirausaha,” ucapnya, Selasa (19/1/2021).

Lebih lanjut Asep pun menjelaskan, 21 paket untuk wirausaha yang pihaknya siapkan pada Februari nanti masuk pada semua bidang pelatihan.

Antara lain pelatihan menjahit, otomotif kendaraan bermotor, tata boga serta pelatihan yang lainnya untuk menumbuhkan wirausaha.

Menurut Asep, tingkat penganguran di Ciamis masuk ke dalam 3 kota/kabupaten di provinsi Jawa Barat.

Angka pengangguran di Ciamis pada akhir tahun 2018 mencapai 4,6 persen. Lalu, tahun 2019 sebesar 5,1 persen dan pada Agustus 2020 mencapai 5,6 persen.

Kemudian, berdasarkan data dari stastistik, kabupaten Ciamis masuk peringkat ke-3 yang tingkat atau angka penganggurannya menurun.

Guna mengupayakan penurunan angka pengangguran tersebut, kata Asep, pihaknya menjalin kontrak dan kerja sama dengan perusahaan di Majalengka.

Perusahaan di Majalengka pun menjadi pilihan untuk kerja sama. Karena perusahaan tersebut sudah mulai tumbuh besar di Jawa Barat (Jabar).

“Kita juga saat ini mencoba kembali berkeliling ke perusahaan yang ada di Jawa Barat, tujuannya untuk menyerap tenaga kerja dari daerah,” jelas Asep.

Asep pun berharap, angka pengangguran di Kabupaten Ciamis semakin menurun dan anak-anak muda di Ciamis bisa bekerja menjadi wirausaha dari hasil pelatihan. (GaluhID/Aldi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan