Senin, 19 April 2021
Senin, 19 April 2021
BJB

55 Rumah Terbakar di Ciamis Sepanjang Tahun 2019

Ciamis, galuh.id – Bencana rumah terbakar di Kabupaten Ciamis banyak terjadi pada bulan Januari dan Agustus 2019. Hal ini berdasarkan data Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis.

BPBD Kabupaten Ciamis mencatat dari Januari sampai dengan 10 September 2019 ada 55 Rumah dan 15.824 hektar lahan terbakar .

“Pada Bulan Januari tercatat 14 rumah warga menjadi korban bencana kebakaran. Dan di bulan Agustus ada 10 rumah, ditambah terjadi 8 titik lahan atau hutan yang terbakar juga,” kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Ciamis, Ani Supiani, Rabu (11/09/2019).

Tambah Ani, penyebab terjadinya kebakaran rumah disebabkan akibat Konsleting listrik, lupa mematikan kompor dan faktor lainnya.

“Faktornya diduga dari korsleting listrik atau lupa mematikan kompor,” tambahnya.

Lanjut Ani, sementara kebakaran lahan biasanya terjadi akibat dari ulah manusia itu sendiri. Seperti, membuang puntung rokok sembarangan saat angin kencang, atau sisa pembakaran api unggun dan lainnya.

“Biasanya kebaran lahan hasil survei dan penelitian karena ulah manusia ,” paparnya.

Ani mengimbau, untuk urusan Listrik jangan menumpuk steker listrik di saklar atau terminal. Karena akan menimbulkan beban panas yang berlebihan dan jangan lupa mematikan alat elektronik seusai digunakan.

“Selain itu ketika menggunakan kompor gas, tabung harus diperiksa secara teliti,” katanya. (galuh.id/Dede)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,724FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya