Ciamis, galuh.id – Angka kecelakaan di Ciamis didominasi kaum milenial, hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Ciamis AKBP Teguh Prakoso pada kegiatan Millenial Road Safety Festival di Alun-alun ciamis, Sabtu (23/02/2019).

Bismo mengatakan berdasarkan penelitian 60% dari korban yang meninggal dunia di jalan raya itu didominasi usia milenial, yaitu antara 17 sampai dengan 35 tahun. Hal ini, termasuk juga di Ciamis dimana angka kecelakaan didominasi oleh kaum milenial sekitar 60%.

Bismo juga menjelaskan Ada empat komponen yang menjadi faktor kecelakaan di jalan raya, yaitu pengendara, kendaraan, cuaca dan kondisi jalan.

Bismo berpesan kepada seluruh pengguna jalan agar melengkapi surat-surat dan kelengkapan berkendara seperti SIM, STNK dan Helm berstandar SNI, serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Millenial Road Safety Festival sendiri merupakan program Korlantas Mabes Polri yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, tujuannya untuk mengajak kaum milenial menjaga keselamatan saat berlalu lintas di Jalan Raya.

“Tujuannya untuk mencegah usia-usia produktif jangan sampai meninggal sia-sia yang disebabkan kecelakaan pada saat berkendara,” ujarnya.

Dari pantauan Galuh ID dalam kegiatan bertajuk ‘Millennial Road Safety Festival’ di Kabupaten Ciamis, ada berbagai acara yang disajikan diantaranya: jalan sehat, senam kolosal milenial bersama ribuan pelajar dan warga Ciamis, penyerahan pataka milenial, deklarasi tertib lalu lintas, freestyle sepeda motor dan penampilan band Geisha dari ibu kota serta band lokal Masterplan.

“Kegiatan ini jangan hanya acara seremonial saja, namun harus diimplementasikan sehingga timbul kesadaran para pengguna jalan raya dalam menjaga keselamatan berlalu lintas, terutama generasi melenial,” pungkas Bismo.

(Arul)

loading...
 
 

TINGGALKAN KOMENTAR

Mohon masukan komentar anda!
Masukan nama anda disini