Sabtu, 23 Januari 2021
Sabtu, 23 Januari 2021
 
 

9 Desa di Banjarsari Ciamis Gelar Deklarasi Stop BABS

Berita Ciamis, galuh.id – Sembilan desa di wilayah Kecamatan Banjarsari Ciamis mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defication Free (ODF).

Kesembilan desa tersebut antara lain Desa Ciherang, Cibadak, Ratawangi, Purwasari, Sindangasih, Sindanghayu, Ciulu, Sukasari dan Desa Kawasen.

Pelaksanaan deklarasi bertempat di Leuwi Arit Desa Ciherang, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Rabu (30/12/2020).

Camat Banjarsari, Dedy Mudyana, mengatakan deklarasi itu menyatakan bahwa masyarakat di desanya tidak lagi melaksanakan buang air besar sembarangan.

Menurut dia, kebiasaan buang air besar di sembarang tempat merupakan perilaku buruk yang harus ditinggalkan.

“Setelah deklarasi ini. Semoga tak ada lagi masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat. Seperti di sawah, kolam dan tempat lainnya,” ucap Dedy.

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Banjarsari agar membuat jamban atau tempat buang air besar yang sehat.

Pada bulan November lalu, kata Dedy, pihaknya membentuk tim STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) tingkat kecamatan maupun tingkat desa.

Tim tersebut melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan penggunaan jamban sehat.

Setelah itu, lanjut dia, apabila masih ada temuan warga yang menggunakan dengan istilahnya “becak atau helicopter”, pihaknya akan lakukan tindakan pembongkaran.

Namun sebelum melakukan pembongkaran, pihaknya melaksanakan urun rempug terlebih dahulu.

Dedy pun menuturkan, Pemdes melalui Kades bersama BPD dapat mengusulkan, merumuskan dan merencanakan kegiatan untuk pembangunan jamban sehat bagi masyarakat.

“Untuk anggarannya, Pemdes dapat menggunakan dari Dana Desa. Karena sesuai dalam peraturan dari Kemendes, itu boleh,” ujarnya.

Isi Deklarasi Stop BABS

Kami atas nama masyarakat yang ada di desa kami, menyatakan dengan sungguh – sungguh bahwa :

  1. BABS adalah perbuatan tidak baik yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat. Sehingga mulai saat ini kami akan Buang Air Besar di jamban yang sehat.
  2. Kami akan mempertahankan dan menjaga lingkungan di desa kami untuk senantiasa dalam keadaan di lingkungan sehat dan berstatus ODF.
  3. Kami akan mendukung program pemkab Ciamis dalam mewujudkan Kabupaten/Kota sehat.

Seluruh Kepala Desa, BPD, LPM se-Kecamatan Banjarsari dan Muspika Banjarsari mengikuti kegiatan deklarasi Stop BABS oleh 9 desa tersebut. (GaluhID/Uus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Evaluasi PPKM di Ciamis, Penanganan Covid-19 Membaik

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Penanganan Covid-19 Ciamis menggelar rapat evaluasi terkait pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Rapat evaluasi tersebut berlangsung di Sekretariat Satgas...

Parkir Tahunan Ditolak, Ciamis Akan Audensi ke Pemprov Jabar

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis merencanakan adanya retribusi parkir tahunan bagi pemilik kendaraan bermotor. Namun, pemprov Jabar menolak kebijakan itu. Padahal, kebijakan retribusi parkir...

Hari ke-10, Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis Gencar Sosialisasi PPKM

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 Banjarsari Ciamis gencar melakukan sosialisasi dan edukasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak hari pertama. Sosialisasi dan edukasi tersebut...

Temukan Kami

48,118FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya