oleh

Atlet Renang Ciamis Dambakan Kolam Prestasi, Ini Respon Bupati

Hubungi
 
 

Ciamis, galuh.id – Sampai saat ini Kabupaten Ciamis belum memiliki kolam renang prestasi atau kolam yang representatif untuk para atlet berlatih. Padahal banyak atlet renang Ciamis yang berprestasi.

Selama ini para atlet berlatih di kolam renang Tirta Winaya. Kolam tersebut kurang layak dari segi ukuran, begitu pula kondisi airnya yang tidak bersih.

Loading...

Laura Eka Ananda (17), atlet renang difable (tuna rungu) asal Ciamis sangat mendambakan kolam renang prestasi. Ia bercita-cita ingin menjadi atlet renang profesional.

“Saya ingin mengharumkan nama Ciamis di cabang olahraga renang. Alhamdulilah saya sudah pernah meraih medali perak dari gaya punggung saat Porda difable Bogor 2018,” ujar Laura seperti diterjemahkan oleh pelatihnya usai latihan renang di kolam renang Tirta Winaya, Selasa (7/1/2020).

Laura sendiri saat ini sekolah di SLB Negeri Ciamis. Dirinya mendapat dukungan dari orang tuanya untuk terus berlatih agar bisa berprestasi.

“Alhamdulilah orang tua saya sangat mendukung untuk menjadi atlet renang, mudah-mudahan bisa berprestasi bisa menjadi kebanggaan orang tua,” katanya.

Kolam Renang Prestasi Sangat Dibutuhkan

Sementara, pelatih renang Ciamis, Wahyu mengatakan, sebetulnya kolam renang di Tirta Winaya cukup untuk sekedar latihan.

Tapi untuk fasilitas kolam yang standar event nasional, Ciamis belum memiliki. Ia berharap Pemkab Ciamis segera membangun kolam renang prestasi.

“Atlet renang potensial banyak sekali di Ciamis, namun jika akan mengikuti kejuaran kita kesulitan untuk melakukan latihan karena tidak ada kolan yang refresentatif,” ujarnya kepada Galuh ID, Selasa (6/1/2020).

Sudah seharusnya Kabupaten Ciamis memiliki kolam renang yang refresentatif untuk mewadahi atlet-atltet renang Ciamis agar tidak diambil oleh daerah lain.

Wahyu menyampaikan kolam renang yang refresentatif memiliki ukuran panjang 50 meter dan lebar 25 meter.

“Banyak sekali atlet renang Ciamis yang diambil oleh daerah lain, mungkin karena di sana ada fasilitas yang memadai dan mendapat perhatian lebih,” katanya.

Walaupun berlatih di kolam yang seadanya, semangat atlet renang Ciamis untuk berlatih tidak surut

“Mereka tetap semangat berlatih, walaupun kondisi kolam renang tirta yang kondisi airnya yang tidak bersih, terbukti banyak prestasi yang diraih oleh anak-anak,” tuturnya.

Jika ada kolam renang yang refresentatif di Ciamis, dirinya akan menggelar event kejuaraan renang. Kejuaraan ini akan setingkat nasional untuk membuktikan bahwa Ciamis bisa bersaing dengan daerah lain.

Berikut Atlet Renang Potensial Ciamis

Banyak atlet renang Ciamis yang berprestasi seperti Dheya Nazhira Nur Amalina, peraih medali emas dan perak pada Porda XIII Jawa Barat 2018. Ditambah Rafan Fatir Sarfaraz peraih juara 1 renang gaya punggung antar pelajar putra se-Jawa Barat.

Selain itu juga, ada Alvaro Zhian Kasyafani juara 3 renang antar pelajar di Sukabumi, Putriana Nurhalida Karna dan Laura Eka Ananda yang meraih medali perak di Porda Difable Bogor 2018.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya merespon keinginan para atlet renang tersebut dengan memprioritaskan membangun kolam renang brsekala nasional.

“Kita akan prioritaskan, saat ini sedang mengkaji, kemungkinan akan ditempatkan di Tirta Winaya yang bekas kolam yang tidak terpakai,” ujar Herdiat di Gedung KONI Ciamis, Selasa (7/1/2020).

Pihaknya akan melakukan perbaikan di Tirta Winaya agar sesuai standar Nasional.

“Kita akan mengkaji mana yang terbaik untuk lokasi kolam renang, karena harus bagus sumber airnya,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

BERITA SELANJUTNYA