Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
 
 

Atlet Renang Ciamis Dambakan Kolam Prestasi, Ini Respon Bupati

Ciamis, galuh.id – Sampai saat ini Kabupaten Ciamis belum memiliki kolam renang prestasi atau kolam yang representatif untuk para atlet berlatih. Padahal banyak atlet renang Ciamis yang berprestasi.

Selama ini para atlet berlatih di kolam renang Tirta Winaya. Kolam tersebut kurang layak dari segi ukuran, begitu pula kondisi airnya yang tidak bersih.

Laura Eka Ananda (17), atlet renang difable (tuna rungu) asal Ciamis sangat mendambakan kolam renang prestasi. Ia bercita-cita ingin menjadi atlet renang profesional.

“Saya ingin mengharumkan nama Ciamis di cabang olahraga renang. Alhamdulilah saya sudah pernah meraih medali perak dari gaya punggung saat Porda difable Bogor 2018,” ujar Laura seperti diterjemahkan oleh pelatihnya usai latihan renang di kolam renang Tirta Winaya, Selasa (7/1/2020).

Laura sendiri saat ini sekolah di SLB Negeri Ciamis. Dirinya mendapat dukungan dari orang tuanya untuk terus berlatih agar bisa berprestasi.

“Alhamdulilah orang tua saya sangat mendukung untuk menjadi atlet renang, mudah-mudahan bisa berprestasi bisa menjadi kebanggaan orang tua,” katanya.

Kolam Renang Prestasi Sangat Dibutuhkan

Sementara, pelatih renang Ciamis, Wahyu mengatakan, sebetulnya kolam renang di Tirta Winaya cukup untuk sekedar latihan.

Tapi untuk fasilitas kolam yang standar event nasional, Ciamis belum memiliki. Ia berharap Pemkab Ciamis segera membangun kolam renang prestasi.

“Atlet renang potensial banyak sekali di Ciamis, namun jika akan mengikuti kejuaran kita kesulitan untuk melakukan latihan karena tidak ada kolan yang refresentatif,” ujarnya kepada Galuh ID, Selasa (6/1/2020).

Sudah seharusnya Kabupaten Ciamis memiliki kolam renang yang refresentatif untuk mewadahi atlet-atltet renang Ciamis agar tidak diambil oleh daerah lain.

Wahyu menyampaikan kolam renang yang refresentatif memiliki ukuran panjang 50 meter dan lebar 25 meter.

“Banyak sekali atlet renang Ciamis yang diambil oleh daerah lain, mungkin karena di sana ada fasilitas yang memadai dan mendapat perhatian lebih,” katanya.

Walaupun berlatih di kolam yang seadanya, semangat atlet renang Ciamis untuk berlatih tidak surut

“Mereka tetap semangat berlatih, walaupun kondisi kolam renang tirta yang kondisi airnya yang tidak bersih, terbukti banyak prestasi yang diraih oleh anak-anak,” tuturnya.

Jika ada kolam renang yang refresentatif di Ciamis, dirinya akan menggelar event kejuaraan renang. Kejuaraan ini akan setingkat nasional untuk membuktikan bahwa Ciamis bisa bersaing dengan daerah lain.

Berikut Atlet Renang Potensial Ciamis

Banyak atlet renang Ciamis yang berprestasi seperti Dheya Nazhira Nur Amalina, peraih medali emas dan perak pada Porda XIII Jawa Barat 2018. Ditambah Rafan Fatir Sarfaraz peraih juara 1 renang gaya punggung antar pelajar putra se-Jawa Barat.

Selain itu juga, ada Alvaro Zhian Kasyafani juara 3 renang antar pelajar di Sukabumi, Putriana Nurhalida Karna dan Laura Eka Ananda yang meraih medali perak di Porda Difable Bogor 2018.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya merespon keinginan para atlet renang tersebut dengan memprioritaskan membangun kolam renang brsekala nasional.

“Kita akan prioritaskan, saat ini sedang mengkaji, kemungkinan akan ditempatkan di Tirta Winaya yang bekas kolam yang tidak terpakai,” ujar Herdiat di Gedung KONI Ciamis, Selasa (7/1/2020).

Pihaknya akan melakukan perbaikan di Tirta Winaya agar sesuai standar Nasional.

“Kita akan mengkaji mana yang terbaik untuk lokasi kolam renang, karena harus bagus sumber airnya,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Related Articles

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,367FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Kakek Terjatuh dari Jembatan di Bojong Ciamis, Meninggal di Tempat

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang Kakek terjatuh dari jembatan di Bojong Cijeungjing Ciamis hingga menghembuskan nafas terakhirnya dengan tragis, Senin (13/7/2020).

Jadwal MotoGP 2020: Kembali Mengaspal 19 Juli

Berita Olahraga, galuh.id - Jadwal MotoGP 2020 telah dirilis, jutaan fan bisa menyaksikan para rider dunia kembali mengaspal di seri pembuka pada...

Pernah Jadi Pacar Lee Min Ho, Simak 3 Sosok Wanita yang Bikin Iri

Lee Min Ho adalah aktor Korea yang membintangi drama The King: Eternal Monarch. Selain tampan dan pandai berakting, Lee Min Ho juga...

3 Film Korea Terbaik Gong Yoo

Ada 3 film korea terbaik Gong Yoo yang bisa kita tonton. Pada tanggal 10 Juli lalu, Gong Yoo berumur 41 tahun (42...