Sabtu, 17 April 2021
Sabtu, 17 April 2021
BJB

Bupati Ciamis Dorong Petani Milenial Kembangkan Porang

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mendukung Petani Milenial Porang Galuh. Hal itu karena Porang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi di pasaran.

Dukungan itu ia sampaikan saat menghadiri perjanjian kerja sama antara Bank BRI dan CV Sanindo Putra tentang layanan perbankan kepada petani porang.

Herdiat mengatakan Ciamis merupakan kabupaten agraris dengan mayoritas penduduknya adalah petani. Selain itu, juga mempunyai potensi alam yang luar biasa.

“Ciamis punya potensi alam yang luar biasa. Hanya saja kita belum mengoptimalkanya dengan benar,” ucap Herdiat, di Setda Ciamis, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, kolaborasi dan integrasi masyarakat yang masih belum berjalan baik menjadi faktor yang menyebabkan kurang optimalnya pertanian di Ciamis.

Petani Milenial Harus Mempunyai Sifat Visioner

Lebih lanjut ia menuturkan, petani milenial harus mempunyai sifat visioner, memiliki mimpi. Kemudian semangat juang yang tinggi serta pantang menyerah.

Sebab, pengusaha maupun petani yang sudah maju memperoleh keberhasilan tidak secara instan. Melainkan melalui proses panjang dan perlu ketekunan.

Herdiat mengatakan, peluang yang besar jika petani bisa memanfaatkan tumbuhan porang. Terlebih di Ciamis masih banyak tanah yang belum dimanfaatkan dengan baik.

”Harapan kami. Kerja sama BRI dan CV Sanindo Putra dapat menjadi kolaborasi yang baik. Agar Ciamis lebih maju. Khususnya di bidang pertanian,” ungkap Herdiat.

Dhian Rahadian selaku Direktur CV Sanindo Putra, menerangkan bahwa Porang adalah salah satu tumbuhan yang saat ini menjadi perhatian dunia.

”Bahkan beberapa negara seperti Jepang dan Australia telah mengembangkannya,” ucap Dhian.

Manfaat Porang bisa untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air. Juga pembuatan lem dan jelly.

Ia pun berharap dengan porang yang sedang gencar ini, petani Ciamis tidak hanya menjadi penonton saja, tapi juga dapat terlibat langsung.

Sehingga nantinya dapat menjadi salah satu pendapatan untuk PAD Kabupaten Ciamis. Juga menyejahterakan petani.

Tutur hadir dalam acara tersebut yakni Kadis Pertanian Ciamis, Kepala BPKD Ciamis, Perwakilan OJK Tasikmalaya, Perwakilan BRI, Perwakilan Petani Milenial Porang Galuh.

Kemudian para Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD terkait lingkup pemkab Ciamis. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,730FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya