Sabtu, 18 September 2021
Sabtu, 18 September 2021
spot_img

Cegah Corona, Ini yang Dilakukan Desa di Panjalu Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Upaya pencegahan wabah virus Corona Covid-19 di Kabupaten Ciamis terus dilakukan oleh berbagai pihak dalam rangka memutus mata rantai penularan virus tersebut.

Seperti yang terlihat Desa di Panjalu Ciamis yaitu Desa Bahara, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, semua elemen masyarakat yang terdiri dari aparat Desa, BPD, LPM, MUI.

Selain itu juga dari PKK, Karang Taruna, RT/RW, Linmas dan LSM berembug untuk melakukan pencegahan Covid-19.

Melalui Surat Edaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 08 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19, mereka musyawarah membentuk Gugus Tugas Covid-19 di tingkat Desa, Jum’at (10/04/2020).

Ketua Gugus Tugas Covid-19, sekaligus Kepala Desa Bahara, Hendi Juanda mengatakan, terdapat beberapa tugas utama dalam pencegahan Covid-19 yang dilakukan di Desa Bahara.

Untuk saat ini, kegiatan berupa Sosialisasi cara pencegahan mengenai bahaya virus Covid-19. Lalu mengadakan kebersihan lingkungan secara gotong royong.

Penyemprotan Disinfektan ke Setiap Rumah

Serta penyemprotan disinfektan ke setiap rumah warga yang dilaksanakan desa di Panjalu Ciamis yaitu satu Minggu dua kali.

“Kami juga mendirikan posko tanggap Covid-19. Mereka yang masuk dari luar daerah Desa Bahara akan melalui screening,” terang Hendi.

Seperti pendataan, pemeriksaan suhu tubuh serta sterilisasi kendaraan dan barang bawaan demi kenyamanan dan keamanan warga. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari selama 24 jam dengan jangka waktu kurang lebih dua bulan.

Pihaknya mengakui, kegiatan berjalan lancar dan efektif. Selain dukungan dari warga, kegiatan tersebut bersumber dari APBDes Desa Bahara.

Di lain pihak, hal senada disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Desa Bahara, Irwan, menurutnya upaya pencegahan ini bukan hanya tugas pemerintahan saja, melainkan tugas individu itu sendiri untuk tetap waspada terhadap Covid-19.

“Sudah saatnya kita bersatu dalam menghadapi pandemik ini. Agar kita tetap waspada,” ungkap Irwan.

Sementara itu, Sekretaris Desa, Tukiman mengatakan bahwa pencegahan Covid-19 disesuaikan dengan protokol dari pemerintah pusat dan daerah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semuanya yang telah berpartisipasi dalam penanganan virus Covid-19 di Desa Bahara,” pungkas Tukiman. (GaluhID/Maulana)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan