Jumat, 24 September 2021
Jumat, 24 September 2021
spot_img

Ciamis Dapat Bantuan Operasional Kebencanaan dari BJB

Berita Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis mendapat bantuan mobil taktikal dan perahu karet rescue untuk operasional penanggulangan bencana dari Bank BJB.

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Senin (28/12/2020).

Kepala Kanwil III BJB, Nunung Suhartini dan Kepala BJB Ciamis Moch Indra secara langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya.

Herdiat pun menyampaikan terima kasih atas bantuan dari bank BJB untuk melengkapi kebutuhan operasional lapangan penanggulangan bencana di Ciamis.

Bantuan tersebut, kata Herdiat, sangat bermanfaat. Khususnya untuk para petugas BPBD Ciamis yang terjun langsung ke lokasi bencana.

Ia berharap kerja sama dengan bank BJB dapat terus terjalin dengan baik sebagai upaya sinergitas dalam pembangunan daerah di Kabupaten Ciamis.

“Dengan bantuan operasional dari BJB ini kami sangat terbantu, terutama pada musim penghujan yang rawan bencana alam,” ucap Herdiat.

Widi Hartoto selaku Kepala Divisi Corporate Secretary BJB, mengatakan bantuan itu merupakan wujud komitmen BJB dalam menanggulangi sekaligus mitigasi risiko kebencanaan di Tatar Galuh.

Bantuan dari bank BJB ini akan melengkapi ketersediaan sarpras kebencanaan pemkab sebagai upaya untuk mendorong Ciamis menjadi daerah tangguh bencana.

”Harapan kami. Bantuan ini dapat memberikan manfaat sebesar – besarnya. Untuk seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Ciamis,” kata Widi.

Menurut Indeks Area Rawan Bencana Nasional BNPB, Ciamis menempati urutan 16 dari 494 kabupaten rawan bencana di Indonesia. Juga urutan 5 dari 26 kabupaten/kota di Jabar.

Data tersebut menunjukkan bahwa indeks kerawanan bencana di Kabupaten Ciamis termasuk dalam wilayah dengan kerentanan tinggi.

Adapun bencana alam yang sering terjadi di wilayah Ciamis antara lain pergerakan tanah, banjir dan banjir bandang, tanah longsor serta angin puting beliung.

Turut hadir dalam penyerahan operasional kebencanaan tersebut Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Ciamis, Kepala BPKD Ciamis, Kepala BPBD Ciamis. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan