Senin, 19 April 2021
Senin, 19 April 2021
BJB

Ciamis Peringkat 6 di Jabar dalam Perbaikan Data NIK KPM Bansos

Berita Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis mengikuti rapat perbaikan data NIK KPM Bansos Kemensos bersama Kepala Dinsos provinsi Jabar secara virtual, Senin (22/3/2021).

Sekda Ciamis mewakili rapat bersama Plt Kepala Dinsos Ciamis. Sementara Sekda Jabar, Kadis Sosial Jabar serta Sekda dan Kadis Sosial se-Jabar mengikuti secara virtual.

Kadis Sosial Jabar Dodo Suhendar, menjelaskan data yang harus perbaikan sebanyak 3.301.144 KPM. Rinciannya 2.039.637 yang perbaikan dan 1.261.507 data yang belum perbaikan.

Menurutnya ada beberapa hal yang menjadi kendala sehingga banyak data yang harus perbaikan.

Antara lain Akun link ke SIKS NG masih terbatas, kapasitas sarana, SDM pengolah dan pendata di Desa/Kelurahan, kecamatan dan kabupaten/kota belum optimal.

Kemudian adanya gangguan teknis, kuota internet, padam listrik dan lokasi sulit terjangkau. Waktu verifikasi dan validasi yang sangat pendek juga menjadi kendala.

Dodo menuturkan Dinsos Kabupaten/Kota harus proaktif berkoordinasi dengan Disdukcapil dalam mengakses SIAK untuk pemadanan dan validasi NIK KPM Bansos.

“Kuncinya pertama adalah senantiasa berkoordinasi dengan Disdukcapil. Melaksanakan elaborasi,” ujar Dodo.

Sehingga lanjut Dodo memberikan feedback untuk memberi pendamping serta melakukan elaborasi secara berjenjang di tingkat desa dan kecamatan.

Plt Dinsos Ciamis Nandang Nugraha memaparkan berdasarkan perbaikan final data SIKS NG DIT PFM wilayah I, Kabupaten Ciamis berada urutan ke 24 dengan persentase 81.36%.

Secara keseluruhan dari data awal sebanyak 52.825 sudah perbaikan sebanyak 42.976 data.

“Alhamdulillah. Ciamis memperoleh peringkat 6 se-Jabar dengan perbaikan data lebih dari 80% di atas rata-rata perbaikan Jabar sebanyak 67%,” ucap Nandang.

Dalam capaian tersebut pihaknya telah melaksanakan langkah-langkah seperti rapat dengan Koordinator Daerah Pendamping Program Sembako.

Kemudian dengan Koordinator TKSK, Koordinator PKH dan Operator PKH untuk membahas tindak lanjut perbaikan data. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,721FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya