Selasa, 22 Juni 2021
Selasa, 22 Juni 2021
BJB

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 6 Melalui www.prakerja.go.id, Ini Langkahnya!

spot_img

Daftar Kartu Prakerja gelombang 6 segera karena pendaftarannya sudah dibuka sejak hari Kamis tanggal 27 Agustus 2020 lalu, tepatnya pada pukul 12.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Louisa Tuhatu selaku Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

Kuota yang disediakan pada Kartu Prakerja gelombang 6 sama seperti gelombang sebelumnya, yakni sebanyak 800.000 peserta.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 6, Begini Cara Daftarnya

Penerima Kartu Prakerja di gelombang ini adalah daftar kelompok prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kartu Prakerja adalah program yang diusung oleh Presiden Joko Widodo dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pekerja di Indonesia.

Namun, lantaran wabah Covid-19 yang melanda, pemerintah akhirnya melakukan modifikasi agar program tersebut dapat membantu pekerja yang terdampak pandemi.

Syarat Daftar Kartu Prakerja Gelombang 6

Untuk mendaftar kartu Prakerja pada gelombang 6, Anda harus terlebih dahulu menyediakan Kartu Keluarga (KK) sebelum melakukan registrasi di laman www.prakerja.co.id

Kemudian, untuk bergabung dalam program di gelombang ini, Anda harus memberikan persetujuan terkait data yang telah di-input.

Agar lolos dalam pendaftaran, Anda juga harus memenuhi persyaratan lainnya yaitu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Anda juga harus berusia paling rendah 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal atau kuliah.

Program Kartu Prakerja dibuka untuk para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau dirumahkan.

Syarat berikutnya agar lulus seleksi saat daftar kartu Prakerja gelombang 6, Anda harus lolos beberapa layer verifikasi data.

Mulai dari verifikasi email, nomor ponsel, NIK, batasan minimal usia, hingga lolos tes Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Perlu diingat, pastikan email dan nomor ponsel yang Anda daftarkan di laman Prakerja masih aktif agar terhindar dari kegagalan saat mendaftar.

Pengumuman Prakerja Gelombang 5

Pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 5 akan diumumkan pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2020 pukul 08.00 WIB.

Jumlah pendaftar Kartu Prakerja gelombang 5 tercatat sebanyak 1,77 juta orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan gelombang sebelumnya dengan jumlah 1,20 juta orang.

Peserta yang lolos seleksi akan menerima SMS pemberitahuan dari manajemen Prakerja. Para pendaftar juga dapat memeriksa dashboard akun Prakerja untuk mengetahui status kelulusan.

Begitu pun apabila tidak lolos seleksi pada gelombang ini, peserta akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun di laman Kartu Prakerja.

Peserta yang gagal bisa mengikuti seleksi berikutnya dengan daftar kartu Prakerja gelombang 6 tanpa harus mengulangi kembali proses pendaftaran dari awal.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 6

Sebagai informasi, ada perbedaan dalam cara pendaftaran yang mulai diberlakukan pada gelombang 4 dibandingkan tiga gelombang sebelumnya.

Syarat yang mengharuskan peserta untuk melakukan swafoto atau selfie saat mendaftar, kini telah dihapuskan.

Dimulai pada gelombang ini bagi peserta yang ingin daftar Kartu Prakerja gelombang 6 harus menyiapkan NIK dan Nomor KK.

Kemudian, pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu daring (online) dan luring (offline).

Untuk pendaftaran via online, peserta bisa mendaftar dengan mengakses situs website resmi Prakerja di laman www.prakerja.go.id

Sementara bagi yang ingin mendaftar secara luring (offline), peserta bisa melakukannya melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah, khususnya Dinas Ketenagakerjaan.

Calon penerima kartu Prakerja juga bisa mendaftar secara individu maupun kolektif.

Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang berupa bantuan pembiayaan untuk digunakan pelatihan atau peningkatan kompetensi calon pekerja.

Program kartu Prakerja saat ini diprioritaskan untuk pekerja yang terdampak Covid-19, seperti terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan, atau usahanya menurun.

Bagi yang non-PHK juga bisa ikut mendaftar tapi dengan catatan harus memenuhi 3 syarat. Yakni WNI, usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Program Kartu Prakerja ini akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta hingga akhir tahun 2020.

Setiap peserta hanya bisa mendapat manfaat Kartu Prakerja sekali seumur hidup dengan total bantuan sebesar Rp 3.550.000.

Rinciannya, Rp 1 juta untuk pembiayaan pelatihan. Kemudian insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan, serta Insentif Rp 150 ribu setelah melakukan survei.

Bagi Anda yang belum lolos pada gelombang sebelumnya dapat mencoba kembali untuk daftar kartu Prakerja gelombang 6 dan mengikuti seleksinya. Perhatikan juga syarat dan caranya, semoga berhasil ya. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
254PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan