oleh

Dampak Virus Corona, Omzet Perusahaan Bus di Ciamis Turun

 
 

Berita Ciamis, galuh.id – Akibat wabah virus Corona, omzet perusahaan bus di Ciamis turun.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis tidak diam untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Pemerintah memberi intruksi dan imbauan kepada masyarakat untuk antisipasi penyebaran virus corona sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Namun, dampak akan pencegahan virus corona saat ini sangat dirasakan sekali oleh beberapa perusahaan bus di Kabupaten Ciamis yang saat ini sepi akan penumpang.

Salah satunya perusahaan bus Gapuraning Rahayu yang merupakan perusahaan bus asli Ciamis.

Bus yang beroperasi mengantarkan penumpang antar kota dan provinsi ini, harus memberhentikan operasional beberapa unit bus, karena sepi penumpang.

Manajer Personalia Gapuraning Rahayu, Eky Brata Kusuma mengatakan, dampak virus corona ini memang sangat berdampak bagi perusahaan bus.

Karena memang sepi penumpang, Akibat dari kejadian tersebut, omzet perusahaan bus di Ciamis itu turun drastis.

“Saat ini, di perusahaan bus kami di pool (Garasi) bus menumpuk, banyak yang tidak beroperasi. Karena kan, saat ini ada imbauan dari pemerintah yang mengintruksikan kepada masyarakat untuk tidak berpergian jauh,” ujarnya kepada Galuh ID, Selasa (17/3/2020).

Wabah Virus Corona Membuat Penumpang Turun Drastis

Diakuinya, hal itu sangat berpengaruh terhadap perusahaan bus. Sehingga pendapatan pun menurun drastis karena penumpang tidak ada.

Menurutnya, perusahaan juga tidak sepenuhnya memberhentikan jam operasional bus, hanya beberapa persen saja yang diberhentikan.

Perusahaan juga punya tanggung jawab kepada masyarakat selaku penumpang dan pengemudi serta anggota bus.

“Untuk saat ini, kami membagi shift kepada pengemudi. Jadi, nantinya tidak ada pengemudi atau kondektur yang libur, tetapi nanti gantian kerjanya. Karena kasihan kalau diliburkan,” tuturnya.

Perusahaan sendiri, tambah Eky, akan segera mengumpulkan seluruh pengemudi dan kondektur bus untuk diberi arahan dan bimbingan mengenai antisipasi pencegahan virus Corona.

Pihaknya juga akan memberikan masker kepada pengemudi dan kondektur bus, untuk digunakan saat bekerja membawa penumpang.

“Nanti kami akan kumpulkan pengemudi dan kondektur, kami berikan arahan gimana menangani penumpang,”katanya.

“Kami juga akan mengintruksikan kepada pengemudi maupun penumpang untuk mencuci tangan terlebih dahulu, dan juga cara penggunaan masker bagi pengemudi dan kondektur,” pungkasnya. (GaluhID/Ramdani)

Loading...
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA