oleh

Desa di Kecamatan Sadananya, Ciamis Harus Sadar Hukum

 
 

Sadananya, galuh.id – Kasi Pemberdayaan dari seleuruh Desa di Kecamatan Sadananya menggelar kegiatan sosialisasi Kesadaran Hukum dan Regulasi di Gedung Dakwah, Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, Senin (16/9/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan akuntabilitas kepala desa dan perangkatnya agar mengetahui peraturan yang berlaku dan tidak melanggar hukum.

“Kami mengadakan kegiatan ini untuk mensosialisasikan kesadaran hukum dan regulasi kepada semua kepala desa, aparat desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan BPD agar timbul kesadaran terhadap hukum dan regulasi,” ujar Ketua Panitia, Endar Darussalim kepada Galuh ID, Senin (16/9/2019).

Selain itu juga agar para pemegang kebijakan di tingkat desa tidak menyalahi aturan yang berlaku sekaligus mengetahui apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.

Dalam sosialisasi ini, pihaknya mengundang narasumber dari berbagai instansi penegakan hukum, yakni Kepolisian Polres Ciamis, Kejaksaan Negeri Ciamis, dan Inspektorat Ciamis.

“Benar kami mengundang semua instansi yang ahli di bidang hukum dan peraturan regulasi, agar materi yang disampaikanya benar-benar jelas dan detail sehingga mudah untuk dipahami oleh semua peserta,” tuturnya.

Endar menyampaikan anggaran sosilisasi ini berasal dari dana desa tahap pertama. Masing-masing desa mengeluarkan anggaran sebesar Rp 3 juta.

Untuk tahap kedua, sosialisasi ini akan mengundang masyarakat sebagai pesertanya yang bertujuan agar masyarakat pun tahu regulasi yang berlaku dan sadar terhadap hukum.

“Kegiatan sadar hukum terhadap masyarakat pun penting, nantinya masyarakat semakin sadar hukum, maka akan semakin maju daerah tersebut,” ucapnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA