oleh

Dinas KUKMP Jawab Keluhan Pedagang Pasar Ciamis

 
 

Ciamis, galuh.id – Kepala Bidang Pasar Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis, Enda, menjawab keluhan pedagang Pasar Ciamis.

Beberapa pedagang di Blok C Pasar Manis Ciamis mengeluh lantaran ukuran kios sementara yang dibuat oleh Pemerintah Daerah Ciamis terlalu kecil. Sehingga tidak bisa memuat semua barang dagangannya.

Kios sementara tersebut untuk menggantikan kios pedagang di Blok C yang sekarang sedang dibangun kembali.

Menurut Enda, ukuran kios sekitar 2 meter persegi itu sudah ditetapkan yang sebelumnya dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan pihak pedagang dan himpunannya.

 “Kita tidak mungkin membangun seperti itu kalau tidak ada kesepakatan antara pihak dinas dengan pedagang, serta himpunannya,” kata Enda, Kamis (12/9/2019).

Selain itu, lanjutnya, Jika ukuran kios sementara lebih dari itu, lahan di sekitar pasar tidak bisa menampung seluruh pedagang Blok C Pasar Manis yang jumlahnya mencapai 99 orang dengan jumlah kios sebanyak 135 kios.

Bahkan, tegasnya, pedagangPasar Ciamis yang mempunyai kios lebih dari satu juga sudah sepakat, bahwa mereka hanya akan dibuatkan satu kios darurat. 

Menurutnya, relokasi pedagang Blok C Pasar Manis Ciamis ke dekat blok Pasar Ikan sudah menjadi kesepakatan bersama antara pemerintah dengan pedagang. 

“Sementara lahannya kan sedikit. Tidak bisa kita dibangunkan kios darurat yang lebih besar. Sementara luas lahannya tidak mencukupi. Terus pedagang yang lain mau direlokasi ke mana,” tegas Enda.

Dia menjelaskan, segala sesuatu yang dilakukan dinas tentunya dengan perhitungan dan rencana yang matang. Menurutnya, tidak mungkin Pemerintah Kabupayen Ciamis berperilaku semena-mena tanpa memperhatikan kepentingan para pedagang.

Dia juga mengatakan, sebelum membahas relokasi pedagang Pasar Ciamis, pihaknya melakukan sosialisasi terlebih dahulu terkait rencana pembangunan Blok C Pasar Manis Ciamis.

“Rencana revitalisasi Pasar Manis Ciamis ini sudah sangat lama. Kami menyosialisasikan terlebih dahulu kepada pedagang tentang adanya rencana pembangunan tersebut,” ujarnya. (galuh.id/Taz)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA