oleh

Festival Kopi di Ciamis Bikin Asep Jatuh Cinta

 
 

Sadananya, galuh.id – Festival Kopi di Ciamis membuat salah satu penikmat kopi jatuh cinta.

Hal itu dirasakan Asep Fahrul (39) warga Werasari, Kecamatan Sadananya. Asep merupakan salah satu pengunjung Festival Kopi yang digelar di lapangan sepak bola Sadananya, Kabupaten Ciamis, Selasa (2/7/2019).

Menurutnya, kopi yang dipamerkan di stand festival kopi sangat enak dan tak kalah dengan kopi yang sudah tenar. Hal inilah yang diakuinya membuat jatuh cinta pada kopi asli Ciamis.

“Saya penikmat kopi, namun selama ini selalu membeli kopi yang dikemas sachet dari warung-warung yang tinggal seduh, namun saat mencoba membeli kopi di festival kopi saya langsung jatuh cinta dengan kopi asli Ciamis, rasanya nikmat dan pait-pait gimana gituh,” ujar Asep Fahrul kepada Galuh ID.

Asep mengatakan kopi asli Ciamis ini tak kalah rasanya dengan kopi yang sudah ada dan terkenal saat ini, namun kopi asli Ciamis butuh perhatian dari pemerintah terkait pemasarannya dan pengemasannya.

“Tinggal pengemasan dan pemasarannya harus lebih diperhatikan karena secara rasa dan kualitas kopi asli Ciamis tak kalah dengan kopi yang sudah terkenal saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, beragam kopi dipamerka dalam festival kopi di Ciamis. Diantaranya kopi Panawangan, kopi Ki Oyo, kopi Kalijaya, kopi Rajadesa, kopi Gunung Sawal Cihaurbeuti, kopi Panumbangan, Kopi Rancah dan kopi Cireong.

Galih Gufrani, anggota Daily Coffee sekaligus Barista ‘Cikopi’ mengatakan, tujuan diadakan festival kopi yaitu untuk mengenalkan dan mengedukasi masyarakat bahwa Kabupaten Ciamis juga memiliki kopi dengan kualitas baik.

“Kualitas Kopi Ciamis sangat bagus dan memiliki ciri khas serta karakter rasa yang beda dengan yang lainnya. Jenisnya robusta, memiliki karakter sedikit asam. Meski robusta tapi agak mirip arabika,” kata Galih kepada Galuh ID, Selasa (2/7/2019).

Galih berharap ke depan diadakan Festival Kopi berskala nasional agar kopi asli ciaymis bisa lebih dikenal oleh warga di luar Ciamis.

“Inginnya sih ke depan diadakan Festival kopi di Ciamis berskala nasional agar kopi asli Ciamis lebih dikenal skala nasional,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA