Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Sinopsis Film Insurgent, Sekuel dari Divergent

Setelah penayangan Divergent, penonton pasti penasaran dengan kelanjutan kisah Tris dan Four di film Insurgent. Film fiksi ilmiah yang diangkat dari novel Veronica Roth berjudul sama ini memiliki alur cerita yang tak bisa ditebak.

Dalam Divergent lalu, dikisahkan bahwa Tris, panggilan akrab Beatrice Prior (Shailene Woodley) hidup di sebuah kota yang terdiri dari lima faksi. Berdasarkan hasil tes medical, Tris dinyatakan sebagai Divergent yaitu manusia yang tidak masuk pada kriteria faksi manapun.

Kendati demikian, Tris memutuskan untuk memasuki faksi Dauntless, karena itu sudah menjadi cita-citanya sejak kecil. Dauntless adalah faksi yang beranggotakan orang-orang yang berani dan kuat. Mereka menjadi polisi, tentara, atau apa pun yang bertugas menjaga keamanan.

Di markas Dauntless, Tris berkenalan dengan seniornya, yaitu Four (Theo James). Mereka berdua saling menyukai dan memutuskan untuk kabur bersama ketika terjadi perang. Faksi Erudite berusaha mengambil otoritas tertinggi dari faksi Abnegation yang saat itu sedang memerintah.

Di Film Insurgent, Semua Rahasia Four Terungkap

Jika film pertama memperkenalkan Tris yang berasal dari Abnegation, kini di film Insurgent kedua lebih terfokus pada latar belakang Four.

Setelah kabur dari Dauntless, Tris dan Four diterima oleh faksi Amity. Di markas Amity, mereka mulai berbaur dengan para petani. Sebagaimana diketahui, Amity adalah faksi yang suka berkebun dan memasok bahan-bahan makanan ke seluruh faksi.

Pada suatu hari, datang orang-orang dari Erudite yang ingin mengambil Tris. Erudite beranggapan bahwa seorang Divergent seperti Tris adalah ancaman. Kemudian Tris bersama teman-temannya kabur lagi.

Mereka diserang oleh sekelompok factionless atau orang-orang non faksi. Dalam situasi tersebut, Four tiba-tiba menyebutkan nama aslinya, Tobias Eaton. Para non-faksi berhenti menyerang dan mempersilahkan Four ke markas mereka.

Di markas non-faksi, Four memanggil pemimpinnya dengan sebutan ibu. Pemimpin dari non-faksi, Evelyn Johnson (Naomi Watts) adalah orang yang kabur dari Abnegation. Evelyn membujuk Tris untuk bergabung dengan non-faksi agar bisa berperang melawan Erudite.

Four tidak akur dengan ibunya, dan dia juga marah ketika dipanggil dengan nama aslinya. Tris meminta maaf karena kekacauan tersebut disebabkan oleh dirinya. Tetapi, Four berkata bahwa tak akan ada lagi rahasia di antara mereka berdua.

Ketika Erudite Berusaha Mengambil Divergent

Dalam film Insurgent, ditemukan sebuah kotak pesan misterius yang hanya bisa dibuka oleh seorang Divergent murni.

Meski beberapa orang punya kecenderungan menjadi Divergent, tetapi di film Insurgent ini mereka tidak murni karena sudah lama berbaur dengan masing-masing faksi.

Pemimpin Erudite, Jeanine Matthews (Kate Winslet) memaksa para Divergent untuk membuka kotak pesan. Tetapi para Divergent gagal dan mati akibat simulasi ilmiah.

Erudite adalah orang-orang cerdas yang memiliki laboratorium untuk kepentingan medis dan pendidikan. Erudite menciptakan serum yang bisa mengendalikan para Dauntless agar berperilaku taat dan patuh.

Di film Insurgent ada salah satu teman Tris, Peter (Miles Teller) bersekongkol dengan Jeanine untuk memancing Tris agar menyerahkan diri.

Faksi Abnegation adalah orang-orang yang tidak egois. Sebagai orang yang lahir dan tumbuh di Abnegation, Tris terus-terusan merasa bersalah karena ia menyebabkan banyak kekacauan.

Tris datang sendiri ke markas Erudite dan langsung dimasukan ke dalam sel untuk menjalani simulasi ilmiah. Saat memasuki alam bawah sadar, Tris melihat Jeanine dan langsung berkata, “Aku tidak akan melawanmu.”

Tris sedang berusaha menerapkan ajaran Amity bahwa untuk menciptakan kedamaian bukanlah dengan cara melawan orang-orang jahat. Tetapi, sosok Jeanine dalam simulasi malah menunjukkan hal yang mengejutkan.

Jeanine berkata, “Tentu saja tidak. Kamu akan akan melawan dirimu sendiri.”

Dalam simulasi tersebut, Tris bertemu dengan dirinya yang lain. Tris harus bisa bertahan dalam simulasi itu karena jika ia gagal, maka ia akan mati seperti para Divergent sebelumnya.

Alasan didirikan kelima faksi dan alasan mengapa Tris menjadi Divergent murni akan terungkap.

Film Insurgent menyampaikan pesan moral bahwa hal tersulit bagi setiap orang adalah melawan diri sendiri. Kecerdasan, keberanian, kepedulian, kejujuran, dan kedamaian akan membuat manusia menjadi sempurna. (GaluhID/Elsa)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

It’s Okay to Not Be Okay Episode 15, Ko Mun Yeong Pensiun?!

It’s Okay to Not Be Okay Episode 15 menceritakan Ko Mun Yeong (Seo Ye Ji) ingin pensiun dari kegiatan menulis. Mun Yeong...

Profil Kim Soo Hyun: Aktor Korea dengan Bayaran Termahal

Profil Kim Soo Hyun sebagai salah satu aktor Korea Selatan, lahir pada 16 Februari 1988. Saat ini ia berusia 32 tahun secara...

Pengakuan Hana Hanifah, Bukan Prostitusi Hanya Model Foto Seksi

Pengakuan Hana Hanifah atas penangkapannya terkait kasus prostitusi mengejutkan. Hana yang ditangkap pada 12 Juli 2020 lalu di Medan, Sumatera Utara menimbulkan...

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...